Keluarga

10 Tips Yang Perlu Diketahui Orangtua Baru

10-Tips-untuk-Orangtua-Baru
10-Tips-untuk-Orangtua-Baru

10-Tips-untuk-Orangtua-Baru

Membawa pulang bayi baru adalah pengalaman yang menarik dan menegangkan bagi setiap orangtua baru. Anda tidak akan bisa memprediksi apa yang terjadi dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Tapi yakinkah diri dengan fakta bahwa ratusan juta orang telah melakukannya sebelum Anda, sehingga Anda pun pasti bisa. Sementara itu, berikut kami bagikan 10 tips bagaimana Anda sebagai orangtua baru bisa memulai.

1. Beri diri Anda waktu untuk pulih

Proses persalinan dan melahirkan bisa sangat melelahkan, pengalaman yang melelahkan, jadi jangan berharap untuk langsung bangkit kembali langsung.

Mendapatkan banyak tidur dalam beberapa hari pertama akan membantu tubuh Anda pulih dan memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda.

2. Tidurlah ketika bayi Anda terlelap

Banyak ibu lain akan memberitahu Anda untuk tidur ketika bayi Anda tidur, dan itu nasihat bijak! Lebih sedikit tidur adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan saat Anda membawa pulang bayi, jadi ambillah setiap kesempatan yang Anda bisa untuk tidur sejenak.

Bayi yang baru lahir membutuhkan sekitar 16 jam tidur per hari, sehingga Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk tidur sementara ia sedang tidur.

3. Nikmati sentuhan kulit dengan kulit

Mengembangkan hubungan yang kuat dengan si kecil penting untuk kedua orangtua, karena ikatan yang dikembangkan sejak dini dapat berdampak pada kesehatan dan perkembangan anak Anda sepanjang hidup mereka.

Di pagi hari atau saat akan tidur, biarkan diri Anda setengah telanjang dan bayi Anda telanjang (terlepas dari popok), dan nikmati pelukan panjang yang menyenangkan! Lain waktu, lakukan kontak kulit-ke-kulit saat mandi.

4. Selimuti bayi Anda

Bayi senang dibungkus erat dalam selimut, teknik yang dikenal sebagai lampin. Ini membuat mereka merasa aman, dan dapat dicapai dengan menyelimutinya selama bulan-bulan hangat, dan selimut yang lebih tebal di sepanjang musim dingin. Saat di rumah sakit, tanyakan kepada bidan tips dan saran tentang cara menyelimuti bayi dengan benar.

5. Jaga kebersihan tangan

Sangat penting untuk menjaga tangan Anda bersih dan bebas dari kuman, karena bayi muda belum membangun sistem kekebalan yang kuat, sehingga mereka lebih rentan terhadap infeksi. Cuci tangan Anda sering atau gunakan hand sanitiser sebelum menangani bayi Anda.

6. Ajak bayi Anda bicara

Meskipun terdengar konyol, ajaklah bayi Anda bicara. Jelas, mereka tidak bisa berbicara balik, tapi suara Anda akan menjadi akrab dan menenangkan mereka – sehingga di kemudian hari dapat menjadi alat untuk menenangkan dan meyakinkan si kecil ketika mereka sedang bingung.

7. Biasakan diri dengan tangisan

Semua bayi menangis. Ini merupakan satu-satunya cara untuk mereka dapat berkomunikasi dengan Anda. Cobalah untuk tidak menjadi frustrasi dan ingat yang dibutuhkan bayi Anda adalah nutrisi, popok bersih, tidur dan cinta.

8. Teknik tepuk dan ssst

Teknik menenangkan dikenal sebagai “tepuk dan ssst” akan menyelamatkan Anda dari menghabiskan berjam-jam mondar-mandir di rumah.

Ia bekerja dengan baik pada bayi yang baru lahir dalam menenangkan karena meniru suara dan sensasi dalam rahim.

Cukup gendong bayi Anda dan tepuk-tepuk dengan gerakan berirama. Pada saat yang sama, bisikkan “shhhh” panjang dekat telinga mereka. Setelah beberapa menit, si kecil seharusnya mulai tenang.

9. Bersosialisasi

Banyak ibu baru yang tidak ingin meninggalkan rumah terlalu sering, karena mereka bahagia berada di rumah di mana mereka dapat lebih mudah mengatasi kebutuhan bayi mereka.

Anda tidak akan ingin mengisolasi diri dan menjadi bosan atau depresi, jadi berusahalah untuk bersosialisasi dengan teman-teman, ibu baru lainnya dan kerabat.

10. Bersenang-senang

Rawat diri sendiri dan nikmati menghabiskan waktu dengan bayi Anda. Cobalah menyisihkan waktu 30 menit per hari untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri – bahkan jika itu hanya mandi, atau membaca beberapa halaman majalah.

Anda juga perlu menjaga diri sendiri secara fisik, dengan tidur sebanyak yang Anda bisa dan makan makanan yang sehat, terutama jika Anda menyusui.

Sumber

Most Popular

To Top