Otomotif

Simpan Uang Anda untuk Membeli Rantai Motor, Rantai akan Seperti Baru dengan Cara Ini

12-cara-membersihkan-rantai-motor-dengan-benar

Pada sepeda motor semua part merupakan hal yang terpenting , tidak bisa di pisahkan yang mana yang harus di bersihkan dan yang mana yang tidak perlu di bersihkan karena semua sama perlu di bersihkan.

Rantai motor pada sepeda motor berfungsi sebagai perantara antara mesin dengan ban motor sehingga ban motor bisa menggerakan motor berdasarkan tarikan dari rantai.

Bayangkan jika rantai yang menarik ban motor ada kendala ataupun putus sudah di pastikan motor yang kita punya tidak akan berjalan dengan baik bahkan jika putus motor kita tidak bisa berjalan sedikitpun.

Rata-rata rantai motor kotor karena beberapa hal seperti oli rantai , debu, kotoran. Ketiga faktor itu yang membuat rantai menjadi hitam yang asalnya berwarna silver ini. Biasanya ada beberapa masalah yang sering timbul yang berkaitan dengan rantai yaitu

  • Timbul bunyi dari rantai , biasanya ada beberapa kasus dalam sepeda motor yang menimbulkan bunyi yang berdecit ataupun bunyi lain di daerah rantai motor yang biasanya di timbulkan karena kurangnya pelumas rantai ataupun kurang pasnya setelan rantai kita
  • Rantai longgar , biasanya di timbulkan karena stelan yang berubah pada motor kita baik setelan jarak roda maupun stelan gear mesin yang melonggar akibat beberapa hal.
  • Rantai kotor , yang paling sering di jumpai permasalahan yang ada adalah rantai motor yang kotor. Biasanya rantai motor yang berwarna silver berubah menjadi hitam karena adanya kotoran kotoran di jalanan yang menempel akibat oli mesin /gear yang menempel atapun oli rantai yang cenderung menempelkan kotoran.
  • Rantai macet , beberapa kasus di temui adanya rantai macet akibat kurangnya pelumas rantai yang membuat rantai slip , atappun bisa karena gear penggerak ban yang sudah usang.
  • Rantai keluar dari jalur , hampir sama dengan permasalahan yang di atas. rantai keluar dari jalur paling jarang kita temui . Karena biasanya rantai yang keluar dari jalur di timbukan karena kurangnya perawatan secara mendetail soal motor sehingga gear yang usang /rantai yang tidak dalam posisi yang pas.

Dari semua permasalahan yang ada rata rata permasalahan datang karena rantai motor yang kotor. Memang hal ini kegiatan yang agak malas dilakukan jika harus membersihkan rantai karena terkadang kita tidak menghiraukan hal yang sepele padahal memiliki fungsi peran yang vital dalam motor.

Sebelum langsung kepada cara membersihkannya , lebih baik kita siapkan beberapa alat bantu untuk membantu kita membersihkan rantai.

  • Lap bersih dan kering , cari lah beberapa helai lap bersih dan kering . Mungkin beberapa baju bekas dengan bahan katun atau bekas pakain dalam pria akan lebih cocok. Gunanya untuk mengelap rantai kita.
  • Spray pengangkat noda khusus rantai, Spray ini berguna untuk mengangkat noda seperti oli yang sudah hitam yang melekat di rantai kita. jadi kita tidak usah report-repot mengeluarkan efford yang lebih untuk membersihkan rantai.
  • Sikat gigi bekas, sikat gigi akan membantu kita untuk membersihkan oli-oli ataupun kotoran yang melekat di sela sela rantai dan berfungsi juga untung mengangkat noda yang ada di permukaan rantai.
  • Cairan pembersih /sabun ,  ini memiliki fungsi untuk mengangkat /membersihkan hasil yang sudah kita bersihkan
  • Cairan pelindung rantai , nah untuk cairan ini lebih kepada perawatan agar rantai kita kembali seperti baru.
  • Siapkan kardus bekas , Kardus bekas akan membantu kita menghalangi bagian rantai dengan bagian motor lain karena kita akan menggunakan spray yang takutnya mengenai beberapa part lain. Selain kardus kalian bisa menggunakan alat lain untuk melakukan hal ini.
  • Sarung tangan pembersih, untuk ini sih optional atau bisa di pakai atau tidak tergantung anda yang memilih.

Setelah alat dan persiapan sudah kita siapkan , mari kita lanjut kepada cara membersihkannya.

1. Panaskan motor , Panaskan terlebih dahulu motor. Dalam artian gunakan dulu motor untuk jalan ke suatu tempat karena dipercaya motor yang sudah panas atau sudah di pakai akan mempermudah membersihkan rantai motor.

Setelah motor benar panas /sudah di pakai setidaknya berkeliling beberapa putaran di komplek, kita siapkan motor. Jangan lupa gunakan standar 2 atau alat bantu untuk menegakan motor. ingat gunakan tempat yang datar dan luas agar kita leluasa membersihkannya.

2. Buka penutup rantai jika motor kalian memiliki tutup rantai seperti beberapa motor bebek jaman dahulu . atau jika ada aksesoris yang melekat di rantai lebih baik copot dahulu jika memang mudah dicopot agar kita lebih leluasa membersihkannya.

3. Siapkan kardus / alat yang tadi sudah kita siapkan , tutupi bagian yang bersebrangan dengan yang akan kita bersihkan . seperti yang sudah di jelaskan tadi, gunanya untuk melindungi part lain supaya tidak terkena spray atau cairan bekas oli yang kita bersihkan. di tambah simpan kardus di bawah rantai supaya ketika ada cairan yang berjatuhan tidak mengotori lantai kita.

4. Gunakan sarung tangan , jika kalian memilih menggunakan sarung tangan  gunakan lah dahulu atau jika anda tidak memilih menggunakan sarung tangan bisa skip step ini.

5. Setelah kardus yang kita siapkan sudah menutupi part lain mulailah dengan menyemprotkan cairan/pelumas pembersih terlebih dahulu.

Semprotkan secara merata kesemua bagian rantai dari mulai atas , sisi yang menghadap anda dan bawah rantai. putar putar bagian ban supaya semua bagian rantai tersemprot dengan merata oleh cairan ini.

6. Sebagai tips tambahan bersihkan juga sproket motor kalian atau  lebih familiar di sebut gear motor. karena jika tidak di bersihkan akan motor lagi rantainya

7. Diamkan beberapa saat sampai terlihat kotoran yang menempel sudah terkikis oleh cairan yang tadi. mungkin kurang lebih 2-5 menit.

8. Setelah dilihat spray bekerja mulailah gosok menggunakan sikat gigi bekas yang sudah kita siapkan tadi , sikat lah di semua bagian seperti atas bawah dan sisi rantai. putar juga ban agar semua bagian rantai di sikat.

9. Basuh rantai menggunakan air mengalir dari selang ataupun gayung , putar ban motor secara perlahan agar semua nya terbasuh dengan baik.

10. Basuh ulang menggunakan cairan pembersih untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membersihkan rantai kita.

11. Keringkan kembali dengan kain yang kita siapkan tadi , biasanya dengan lap ini kotoran yang masih menempel bisa terangkat dengan baik.

12. Langkah terakhir semprotkan pelumas pelindung yang kita siapkan tadi , semprotkan secara merata kebagian yang memang rawan kotor kembali.

Lakukan secara rutin langkah ini untuk merawat ke awetan rantai motor kalian. bisa dengan interval 1-2 bulan sekali jika pemakaian terbilang rutin.

 

(**HARGAMOTOR.CO.ID)


Warning: Use of undefined constant before - assumed 'before' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Warning: Use of undefined constant after - assumed 'after' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top