Hobi

4 Tips Memilih dan Merawat Kamera

4 Tips Memilih dan Merawat Kamera

Kini semakin banyak orang merasa tertarik untuk memiliki kamera yang dilengkapi fitur tertentu untuk hasil lebih sempurna. Perkembangan ini ditunjang oleh beberapa faktor mulai dari segi harga, sebab lensa DSLR kini tidak lagi dibandrol dengan harga tinggi yang murah sudah banyak sekali.

Selain itu demam media sosial membuat semua orang berkeinginan untuk mengupload foto pribadi bukan hanya sekedar status saja. Foto yang ditampilkan tentu ingin terlihat hidup dan nyata, maka membeli lensa yang cocok menjadi perlu.

Tips Membeli Lensa Terbaik di Kali Pertama

Kali pertama berencana mengunjungi toko yang menjual lensa fotografi dan perangkat lain yang melengkapinya. Tentu muncul rasa canggung sebab jenisnya sangat banyak dan semakin canggih perangkat lensanya semakin banyak aksesoris yang melengkapinya.

Namun tidak perlu cemas, dalam memilih kita bisa menimbang:

  • Fitur lensa yang sesuai dengan tujuan awal penggunaan atau kepemilikannya.
  • Harga yang paling pas di kantong.
  • Merek yang mumpuni.
  • Memilih komponen lensa pertama dengan tepat.

Merawatnya dengan Benar Agar Awet

Lensa menjadi salah satu kebutuhan utama dalam fotografi sehingga kini hadir dalam beragam pilihan, mulai jenis dan merek. Dalam memilih baiknya dikoordinasikan dengan kondisi dan juga kebutuhan sehingga semakin tepat yang diambil.

Asalkan digunakan dengan baik dan terus berlatih nanti hasilnya tidak akan berbeda jauh dengan lensa dari merek lainnya. kemudian, jangan lupa mencari tahu bagaimana merawat lensa yang dibeli tersebut agar tahan lama. Pasalnya jika rusak belum tentu juga dalam waktu dekat mudah membeli yang baru.

Supaya terhindar dari kemungkinan kamera pertama yang dimiliki cepat rusak baiknya dirawat dengan tepat, berikut tata caranya:

1.Menjaga Kebersihan Terutama di Bagian Lensanya

Memiliki perangkat fotografi baiknya tidak terlupa untuk menjaga kebersihannya, pasalnya ada beberapa komponen yang sensitif dengan debu tipis sekalipun.

Bersihkan senjata fotografi secara teratur, jika kebingungan dan khawatir ada yang rusak setelahnya. Maka bisa meminta bantuan pada ahlinya sehingga dengan perangkat fotografi bersih nantinya lebih tahan lama.

2.Sebaiknya Menambahkan Pelindung Layar

Khusus untuk pengguna perangkat fotografi jenis DSLR tentu sangat membutuhkan layar LCD-nya tetap prima. Sayangnya sedikit pengguna DSLR yang menyadari betapa sensitif nya layar alat fotonya sehingga membuatnya mudah rusak.

Layar LCD pada DSLR sangat rentan rusak oleh debu, air, dan bahkan dari bekas sidik jari penggunanya. Supaya layar tetap berfungsi dengan baik maka dianjurkan menambahkan pelindung layar agar lebih aman.

3.Perawatan Berkala Terhadap Baterai

Baterai pada alat fotografi umumnya memiliki kemampuan bertahan secara maksimal setelah diisi ulang sekitar 500 kali. Jika tidak dirawat dengan baik biasanya sebelum 500 kali dicharger pun akan menurun kualitasnya.

Supaya usai 500 kali pengisian ulang tersebut baterai tidak kehilangan kemampuan maksimalnya. Usahakan melindungi tempat baterai perangkat ini supaya aman dari debu dan kotoran lainnya. Kemudian jauhkan dari lokasi yang suhunya tinggi sehingga lebih awet.

4.Dianjurkan Memakai Lens Hood

Lens hood merupakan sejenis aksesoris tambahan untuk perangkat fotografi sekelas DSLR, selain membuat tampilan lebih menarik dan keren.

Lens hood ini juga membantu mengatur masuknya cahaya ke lensa sehingga tidak berlebihan. Selain membantu menjadikan hasil fotografi lebih bagus dan alami juga merawat lensa pada kamera agar tahan lama.

Sebab lensa yang sering terkena cahaya berlebihan nantinya akan mengalami penurunan kualitas.

(**SHARINGDISINI.COM)

Most Popular

To Top