5 Manfaat Sehat Makan Dengan Tangan

manfaat-makan-dengan-tangan
manfaat-makan-dengan-tangan
manfaat-makan-dengan-tangan

Jika Anda diminta untuk memilih makan menggunakan tangan sendok, mana yang Anda pilih? Banyak yang menyepelekan makan dengan tangan, padahal ada manfaatnya loh.

Zaman dahulu, kenikmatan makan menggunakan tangan akan terpancar begitu saja. Berbeda dengan zaman sekarang, masyarakat lebih menyukai makanan dengan sendok, garpu, dan pisau yang mengikuti gaya barat.

Dengan alasan makan dengan tangan kurang higenis, ribet, dan lain-lainnya. Meskipun begitu, masih ada sebagian masyarakat yang tetap makan menggunakan tangan setiap harinya. Ada kenikmatan tersendiri saat makan tanpa sendok dan teman-temannya.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari makan dengan tangan yang dilansir dari Healthmeup.

1. Mengandung Bakteri Baik

Jenis bakteri ada dua, yaitu bakteri baik dan buruk. Bakteri baik jangan Anda sia-siakan, manfaatkan bakteri baik bagi tubuh.

Bakteri baik ini akan melindungi tubuh dari bakteri berbahaya di lingkungan. Keberadaan bakteri baik terdeteksi di tangan, tenggorokan, usus dan juga terdapat pada sistem pencernaan.

Salah satu manfaat makan dengan tangan adalah ikutnya bakteri baik masuk ke dalam tubuh dan menjadi pelindung tubuh dari serangan bakteri jahat.

Penting untuk diperhatikan, pastikan untuk menjaga kondisi tangan selalu bersih. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah akivitas makan.

2. Lebih Merasakan Nikmatnya Makanan

Mana yang lebih sering anda rasakan? Kenikmatan saat makan menggunakan tangan atau sendok? Berdasarkan riset lebih banyak orang termasuk anda dapat benar-benar merasakan kenikmatan makan dengan tangan, karena anda akan lebih memperhatikan apa yang anda makan.

Hal ini akan memberi manfaat dobel. Nafsu makan akan menjadi lebih baik sekaligus anda juga lebih menikmati makanan dibanding makan menggunakan sendok dan garpu.

Makan dengan tangan akan membuat anda lebih aware akan porsi makanan yang anda konsumsi sehingga akan mencegah makan dalam jumlah yang terlalu banyak dan berujung pada kelebihan berat badan.

3. Memicu Otak Mempersiapkan Enzim yang Tepat

Saat makan dengan tangan, makanan akan tersentuh langsung oleh jari-jari sebelum dimasukkan ke mulut.

Ujung syaraf yang ada di jari-jari akan merasakan suhu dan tekstur dari makanan tersebut dan otak akan bersiap-siap untuk mengenal jenis makanan yang akan dimakan.

Dengan persentuhan makan dan jari ini, otak dapat melepaskan cairan pencernaan dan enzim yang tepat.

Manfaat lainnya adalah anda bisa terhindar dari mengkonsumsi makaan yang terlalu panas karena suhu makanan sudah dirasakan terlebih dahulu oleh jari-jari tangan sebelum masuk ke mulut.

4. Belajar Menghargai Tangan

Manfaat lainnya adalah menghargai apa yang dimiliki saat Anda makan menggunakan tangan. Itu artinya Anda menghargai apa yang Anda miliki dan bisa memanfaatkannya dengan baik.

Jadi lebih baik, gunakan tangan saat makan dan jangan lupa membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan.

5. Memperlancar Peredaran Darah

Rasa kaku di tangan akan muncul tiba-tiba, apalagi saat tangan di jemari tak digerakan. Ada cara yang mudah dilakukan untuk memperlancar peredaran darah, yaitu makan dengan tangan.

Tidak perlu memerlukan uang, tenaga, dan waktu yang banyak. Caranya sangat sederhana dan mudah dilakukan hampir setiap kali Anda makan.

**

Nah, sudah tahu kan manfaat makan dengan tangan? Jadi mulai sekarang jangan malu lagi untuk makan dengan tangan, apalagi gengsi dan sok kemodernan. Padahal manfaat besar sudah ada miliki, tanpa biaya dan waktu yang besar.

Sumber