Tahukah kamu?

6 Hewan Purba Pemangsa Paling Ganas yang Telah Punah

6-hewan-purba-pemangsa-paling-ganas-yang-telah-punah-deinosuchus

Sejak zaman dulu hingga zaman modern seperti sekarang ini, telah banyak hewan yang punah akibat dari sebuah evolusi. Hewan-hewan tersebut diantaranya adalah hewan jinak, hewan ganas, hingga hewan terganas yang merupakan pemangsa paling ditakuti pada saat itu.

Jika kamu percaya dengan teori evolusi yang dilontarkan oleh Carles Darwin, kemungkinan besar hewan-hewan pemangsa terganas itu telah berevolusi menjadi hewan kecil yang jinak dan sederhana seperti yang kita lihat saat ini.

Seperti halnya seekor burung. Banyak yang berpendapat bahwa burung yang kita kenal saat ini nenek moyangnya adalah Pteronodon. Yaitu jenis pterosaurus besar yang memiliki bentang sayap hingga 9 meter.

Hewan ini telah hidup sekitar 85 – 86 juta tahun yang lalu. Lalu, apa saja hewan purba pemangsa terganas yang kini telah hilang akibat dari sebuah evolusi? Berikut ini penjelasannya.

#1 Hyaenodon

6-hewan-purba-pemangsa-paling-ganas-yang-telah-punah-hyaenodon

Hewan pemangsa purbakala yang pertama adalah Hyaenodon. Jika kita perhatikan, hewan ini mirip dengan Hyena. Yaitu hewan zaman sekarang yang bisa kamu temukan di padang rumput benua Afrika.

Tapi, setelah dilakukan sebuah penelitian, hasilnya sangat mengejutkan. Ternyata, Hyaenodon merupakan nenek moyangnya Rakun. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa Hyaenodon akan berevolusi menjadi pemangsa kecil yang panjangnya tak lebih dari 1 meter.

Hal itu tentu sangat jauh berbeda dengan ukuran badan Hyaenodon. Dimana hewan purbakala tersebut memiliki ukuran badan sebesar seekor kuda.

Dengan rahang penuh gigi runcing yang siap menerkam mangsanya. Perbedaan lain juga nampak dari Rakun. Jika Hyaenodon merupakan karnivora sejati, Rakun sendiri merupakan omnivora, dengan konsumsi daging sebanyak 27% perharinya.

#2 Deinosuchus

6-hewan-purba-pemangsa-paling-ganas-yang-telah-punah-deinosuchus

Hewan pemangsa purbakala yang kedua adalah Deinosuchus. Hewan ini merupakan pemangsa yang hidup di air dengan ukuran badan jauh lebih besar dari buaya yang kita kenal pada saat ini.

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top