Teknologi

6 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Rusak

baterai-ponsel-cepat-rusak
baterai-ponsel-cepat-rusak

baterai-ponsel-cepat-rusak

Tidak bisa dipungkiri kalau bagian ponsel yang kerap kali cepat rusak adalah baterainya. Padahal untuk mengganti baterai ponsel kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Belum lagi, kalau tidak mengganti baterai yang rusak dalam waktu lama malah akan membuat baterai bisa meledak dan terbakar. Sebenarnya pemicu utama baterai ponsel cepat rusak adalah karena kebiasaan-kebiasaan yang hanya memfokuskan pada perawatan fisik ponsel saja.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui karena akan menjadi penyebab baterai ponsel cepat rusak.

1. Charge Semalaman

Apakah anda kerap mencharge ponsel saat tidur dan mencabutnya ketika bangun? Hati-hati karena kebiasaan ini dapat membuat baterai ponsel rusak.

Daya baterai yang terus diisi padahal sudah penuh akan memicu kerusakan dan kebocoran pada baterai. Untuk itulah usahakanlah untuk mencabut charger usai baterai ponsel adna terisi penuh agar baterai tidak cepat rusak.

2. Ponsel Digunakan Ketika Di-Charge

Ketika di-charge sebaikanya matikan ponsel anda atau tidak digunakan sama sekali. Jangan sesekali menyalakan ponsel atau memainkannya karenaa akan berdampak negative pada kualitas baterai handphone.

Pasalnya saat kita menggunakan ponsel yang sedang discharge, suhu handphone akan meningkat dan akan merusak sel yang terdapat pada baterai ponsel.

3. Ponsel Tidak Pernah Dimatikan

Perlu anda tahu kalau ponsel juga perlu beristirahat dengan cara dimatikan secara rutin. Jika ponsel terlalu sering digunakan maka batreai ponsel akan cepat panas dan hal ini sangat tidak baik untuk baterai dan komponen lain yang terdapat di dalam ponsel. Sebaiknya matikanlah ponsel anda ketika sedang tidak memakainya agar kinerja baterai ponsel dapat tetap stabil.

4. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Spesifikasi Charger adalah hal penting bagi pengguna ponsel untuk mengisi daya ponsel. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak memperhatikan apakah charger yang digunakan sesuai dengan spesifikasi ponsel atau tidak.

Hal ini lantaran akan merusak baterai ponsel jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Untuk itulah sebaiknya usahakanlah untuk menggunakan charger yang sejenis dengan ponsel Anda.

5. Charger Dilepas Sebelum Baterai Penuh

Pada saat anda bepergian pasti anda akan buru-buru membawa ponsel padahal ponsel tersebut sedang dicharge. Nah, kebiasaan melepas charger sementara ponsel belum terisi penuh juga bisa memicu kerusakan pada baterai loh.

Hal ini lantaran umumnya baterai yang digunakan pada ponsel jensi Li-Ion memiliki umur berdasarkan berapa banyak baterai tersebut dicharge. Sehingga semakin sering anda mengisi baterai maka semakin berkurang juga umur baterai ponsel handphone anda.

6. Dipakai pada Suhu yang Panas

Ternyata suhu yang terlalu panas juga bisa memicu kerusakan pada baterai ponsel loh. Udara panas akan meningkatkan suhu pada mesin serta baterai ponsel sehingga ponsel akan mengalami kerusakan.

Untuk itulah anda bisa mengurangi penggunaan ponsel saat berada di luar ruangan terutama ketika berada di bawah sinar matahari.

Baterai ponsel adalah salah satu bagian terpentign di dalam ponsel. Jika rusak, maka anda pasti harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya.

Jadi, mulai sekarang perhatikanlah kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak baterai ponsel Anda.

Sumber

Most Popular

To Top