Kesehatan

7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan

manfaat-makan-ikan
manfaat-makan-ikan

manfaat-makan-ikan

Apakah Anda pecinta ikan? Jika iya, yuk merapat karena pada kesempatan kali ini kami berbagi informasi tentang manfaat mengkonsumsi ikan.

Ikan memang memiliki rasa yang enak sehingga tidak mengherankan jika jenis makanan ini diminati banyak orang. Cara penyajian ikan pun beragam, mulai dari digoreng hingga dibakar.

Akan tetapi, tahukah Anda kalau selain rasanya yang gurih ternyata ikan mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Apa saja sih? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Mengatasi Depresi

Kandungan Omega 3 yang terdapat di dalam ikan ternyata mampu mengurangi tingkat kecemasan dan depresi. Bahkan menurut penelitian Omega 3 lebih efektif dalam mengatasi depresi ketimbang mengkonsumsi obat-obatan antidepresan. Sehingga jika anda ingin mengatasi depresi, maka mengkonsumsi ikan bisa menjadi pilihan Anda.

2. Memperbaiki Kesehatan Kulit Dan Rambut

Ikan mengandung Omega 3 yang baik juga bagi kesehatan kulit and rambut. Omega 3 diklaim sebagai lemak sehat sehingga baik untuk dikonsumsi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Setiap orang pasitnya ingin mata mereka selalu sehat. Nah, jika anda adalah salah satunya maka anda bisa mengkonsumsi ikan untuk menjaga penglihatan matan anda tetap jekas dan jernih.

Ikan mampu melawan degenerasi makula (bagian tengah retina), glaukoma, serta sindrom mata kering.

Sebuah riset mengungkapkan bahwa seseorng yang mengkonsumsi setidaknya dua porsi ikan cenderung lebih kecil mengalami kebutaan yang disebabkan faktor usia, dibandingkan dengan seseorang yagn tidak mengkonsumsi ikan sama sekali.

Hal ini dikarenakan Omega 3 mampu membantu mengurangi resiko inflamasi serta dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah.

4. Mengontrol Berat Badan

Manfaat lain yang dihasilkan dengan mengkonsumsi ikan yaitu mampu mengontrol berat badan. Jadi jika ada ungkapan bahwa mengkonsumsi ikan malah akan menaikkan berat badan, maka itu adalah sebuah mitos.

Justru minyak ikan mengandung DHA yang dapat menghentikan pra sel lemak ke dalam sel lemak yang dapat mengurangi penumpukan lemak.

Jadi jika Anda sedang berniat untuk menurunkan berat badan, maka anda bisa mengkonsumsi minyak ikan yang dibarengi dengan olahraga secara rutin.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Anda pasti sudah tidak asing mendengar ungkapan kalau mengkonsumsi ikan akan membantu kecerdasan otak.

Hal ini benar adanya karena kandungan Omega 3 yang terdapat di dalam ikan berperan dalam perkembangan otak dengan cara meningkatkan focus mental baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Selain itu, Omega 3 juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang

6. Mengurangi Resiko Alzheimer

Manfaat lainnya mengkonsumsi ikan yaitu mampu mengurangi resiko Alzheimer. Ditemukan fakta bahwa seseorang yang mengkonsumsi ikan yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang akan membantu mengurangi resiko penurunan kognifit dan penyakit Alzheimer.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Alasan selanjutnya mengkonsumsi ikan yaitu karena kandungan asam lemak Omega 3 yang terdapat di dalam ikan berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, arteri serta vena yang membentuk system kardiovaskular Anda.

Jika anda rajin mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu dipercaya dapat membantu menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung.

**

Nah, itu dia beberapa manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang anda pun sebaiknya rutin mengkonsumsi ikan jika ingin mendapatkan manfaat kesehatannya.

Sumber

Most Popular

To Top