Bisnis

7 Tips Memulai Usaha Bagi Pemula

7-Tips-Memulai-Usaha-Bagi-Pemula
7-Tips-Memulai-Usaha-Bagi-Pemula

7-Tips-Memulai-Usaha-Bagi-Pemula

Mungkin banyak dari Anda yang berkeinginan untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan. Memang jenis pekerjaan ini menjanjikan kebebasan yang lebih, melakukan banyak inovasi dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Akan tetapi tentunya mengawali karir sebagai seorang wirausahawan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak yang harus Anda persiapkan.

Agar Anda lebih siap, berikut kami bagikan 7 tips memulai usaha bagi para pemula.

1. Jangan membangun lebih dari satu bisnis

Mereka yang baru pertama kali memulai bisnis akan dengan mudah tergoda untuk mengambil kesempatan apapun yang melintas.

Akan tetapi, tentunya Anda tidak boleh terpedaya. Pastikan fokus Anda pada satu usaha saja, jika Anda baru memulai. Jika membangun lebih dari satu usaha, maka ini akan menguras produktivitas serta efektivitas Anda.

2. Bangun usaha dengan memilih hal yang Anda senangi

Dalam memulai suatu usaha, bangunlah dengan berdasarkan pada apa yang Anda senangi dan bakat Anda. Jangan sampai Anda memulai bisnis hanya karena ingin terlihat keren atau karena berpotensi memberikan keuntungan besar. Justru dengan mengerjakan apa yang Anda suka, maka bisnis Anda berkesempatan untuk lebih sukses.

3. Saat ditanya, jelaskan ide bisnis Anda dengan jelas dan singkat

Tentu selalu ada kesempatan tak terduga untuk bertemu pelanggan potensial atau investor bagi bisnis yang Anda jalani. Untuk itulah, pastikan bahwa Anda siap untuk menjelaskan ide bisnis Anda.

Jelaskan secara rinci misi dari bisnis yang Anda jalani, layanan yang diberikan dan tujuan Anda lewat bahasa yang pas namun ringkas. Hindarilah membicarakan hal yang terlalu bertele-tele karena ini akan membuat Anda terlihat tidak meyakinkan.

4. Bergaul dengan orang-orang yang sudah berpengalaman

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang mengetahui segala hal, sehingga Anda juga tidak perlu bertindak seolah-olah tahu semuanya.

Mintalah saran dari orang-orang yang menguasai bidangnya. Dengan pengetahuan yang mereka miliki, tentunya akan membantu Anda menjadi usahawan yang baik.

5. Belajar hemat

Kesampingkan dulu aktivitas untuk berlanja ini-itu ketika memulai usaha. Anda tidak perlu langsung membuat kantor yang bagus atau berbelanja barang-barang yang sebenarnya belum diperlukan. Ingatlah bahwa isi dompet Anda adalah napas dari perusahaan Anda, belajarlah untuk hemat.

6. Belajar dari kesalahan

Saat Anda melakukan kesalahan, belajarlah, walaupun jurusan Anda bukanlah ekonomi, dan tidak memiliki buku mengenai bisnis atau rencana usaha yang dapat memperkirakan masa depan atau hal-hal yang dapat membuat Anda menjadi seorang pengusaha handal. Tentunya tidak pernah ada jalan yang mulus untuk menuju kesuksesan. Semuanya membutuhkan usaha yang ekstra.

Sebagai wirausahawan, Anda harus memiliki rencana untuk menjalankan usaha Anda. Akan tetapi jangan menghabiskan waktu untuk menunggu waktu yang tepat agar bisa terjun. Pasalnya Anda bisa menjadi pengusaha yang baik jika sudah menjalankan bisnis. Hal terpenting adalah belajar dari kesalahan.

7. Ketahui kapan waktunya berhenti

Dalam menjalankan usaha, Anda juga dituntut untuk berpikir realistis. Ketika ide dan usaha Anda memang tidak membuahkan hasil, maka tentunya Anda perlu tahu kapan Anda harus berhenti. Dengan hanya menuruti ego anda malah akan membuat anda tenggelam jauh lebih dalam.

Duduklah dan pikirkan apa yang salah dan apa yang seharusnya Anda lakukan. Memang kegagalan adalah suatu hal yang pahit, tapi inilah yang akan membuat Anda berkembang. Manfaatkanlah kegagalan ini sebagai wadah untuk belajar dan memperbaiki diri serta bisnis yang Anda kerjakan untuk di hari mendatang.

Sumber

Most Popular

To Top