7 Tips Menjaga Anak Kecil di Rumah

menjaga-anak
menjaga-anak
menjaga-anak

Punya anak kecil yang sering berada di rumah? Sebagai anak yang baru berkembang pastinya, rasa ingin tahu dalam diri sangat besar untuk mengenali berbagai hal di sekelilingnya.

Meski di rumah sendiri, nyatanya banyak sekali tempat berbahaya yang bisa membuat anak anda terjatuh atau celaka.

Sebagai orang tua, anda pun wajib membuat ukuran keamanan agar anak anda juga bisa tetap aman. Mengkondisikan rumah sebaiknya dilakukan untuk mendukung eksplorasi anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Nah, berikut adalah 7 tips yang bisa anda lakukan di rumah untuk menjaga anak kecilĀ ini.

1. Jauhkan deterjen/disinfektan dari jangkauan anak

Jauhkan semua bahan pembersih kimia rumah dari jangkauan anak anda. Pastikan tempat penyimpanan tidak diketahui anak untuk menjaga keamanan si anak. Selain itu, jangan pernah tinggalkan kosmetik atau obat-obatan di tempat sembarangan.

2. Jangan tinggalkan anak di sekitar air

Anak-anak sangat menyukai bermain air. Meski berada di rumah sendiri, jangan pernah meninggalkan anak anda bermain lama-lama di air sendirian.

Jika anda punya bath tub, air yang terus mengalir dapat saja membuat anak anda tenggelam jika tanpa pengawasan. Apalagi, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, jadi pastikan anda selalu berada dekat mereka.

3. Jauhkan benda keras di kamar tidur

Ketika anak anda akan pergi tidur, pastikan segala benda keras, seperti mainan mulai dijauhkan dari jangkauan. Jika cuaca dingin, jangan lupa selimuti anak anda dengan selimut hangat dan pakaikan mereka baju dan piyama.

4. Jauhkan sumber api dari jangkauan

Dapur merupakan area yang cukup berbahaya bagi anak. Pastikan mereka tidak dekat-dekat dengan sumber api atau gas tabung di rumah.

Jauhkan pula semua peralatan atau benda-benda tajam, seperti pisau atau gunting. Begitu pula, dengan benda-benda kecil, seperti mainan, pulpen, sangat rentan masuk di mulut anak.

5. Taruh cemilan di tempat aman

Untuk menjaga agar gigi anak anda tetap sehat, pastikan taruh cemilan, seperti permen, cokelat, atau chiki di tempat yang aman.

Jangan biarkan mereka makan cemilan terus menerus, jika mereka mulai merasa lapar, berikan cemilan sehat, seperti buah dan sayuran yang anda olah sendiri.

6. Anak suka hewan, tetap waspada

Anak-anak biasanya sangat menyukai hewan. Jika anda memberikan mereka hewan peliharaan, pastikan hewan tersebut memiliki kesehatan yang baik.

Selain itu, jangan pula biarkan anak anda main sendirian dengan hewan peliharaan, karena bisa saja hewan tersebut bertindak agresif dan malah melukai anak anda.

7. Siapkan bantuan darurat

Tak peduli seberapa banyak anak anda berjanji pada anda bahwa tidak akan melakukan hal-hal yang mengkawatirkan. Tapi, pastikan anda memiliki perangkat lengkap medis di rumah serta prosedur penyelematan di awal.

SumberĀ