Merawat Batu Akik agar Tetap Mengkilap

perawatan-batu-akik
perawatan-batu-akik
perawatan-batu-akik

Saat ini, batu akik memang semakin trend di kalangan masyarakat. Dulunya batu akik hanya digandrungi oleh orang tua, namun sekarang sudah mulai menyihir kalangan anak muda.

Wajar saja, pasalnya selain dapat dijadikan sebagai perhiasan, batu akik juga bisa dijadikan investasi dengan nilai jual yang tinggi. Semakin tua umur batu akik, maka akan semakin mahal pula harga jualnya.

Akan tetapi, agar tetap memiliki nilai jual yang tinggi, maka batu akik harus tetap dirawat dengan cara yang tepat. Pastinya Anda nggak mau kan batu akik yang anda miliki memiliki nilai jual yang rendah.

Nah berikut ini ada sejumlah tips yang bisa anda terapkan untuk merawat batu akik.

1. Hindari Tempat Panas

Tidak semua jenis batu akik tahan terhadap panas. Untuk itulah, jika kamu kurang memahami tentang karakteristik batu akik, maka sebaiknya jangan sesekali meletakkan batu akik di tempat yang bersuhu panas, apalagi terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari dapat memicu perubahan warna pada batu akik.

2. Bersihkan Menggunakan Kain Lembut

Untuk menghindari munculnya goresan pada batu akik, upayakanlah untuk selalu mengelap dengan kain yang lembut.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa tidak ada partikel pada yang menempel pada batu maupun kain. Anda bisa menggunakan kain kanebo dengan dibasahi sedikit air.

3. Olesi Dengan Minyak Zaitun

Cara mudah lain untuk merawat batu akik adalah dengan memoles perkuaannya menggunakan minyak zaitun. Hal ini bertujuan untuk menjaga kilauan dari batu akik itu sendiri.

Caranya mudah yaitu anda hanya perlu meneteskan minyak zaitun pada kain atau selembar kapas, lalu menggosokkannya secara perlahan ke permukaan batu akik.

4. Jauhkan Dari Parfum Maupun Hairspray

Warna batu akik mudah rusak jika terkena bahan-bahan kimia, termasuk yang terkandung di dalam parfum, hairspray dan berbagai kosmetik lainnya.

Bahan-bahan kimia tersebut dipercaya akan mengurangi kilauan dari batu akik anda. Untuk itulah, hindarilah menaruh batuk akik di meja rias.

5. Simpan di Tempat Terbuka

Selain dijadikan sebagai perhiasan, tidak sedikit orang yang mengoleksi batu akik dan menjadikannya sebagai pajangan saja. Nah, jika anda termasuk ke dalam orang yang suka mengoleksi maka sebaiknya simpanlah batu akik di tempat terbuka. Pasalnya menyimpan batu akik di tempat tertutup dapat menghambat proses pengkristalan.

6. Rendam Batu Akik Menggunakan Air Kelapa

Cara terakhir untuk merawat batu akik yaitu dengan merendam batu akik anda ke dalam air kelapa. Anda hanya perlu menuangkan sedikit air kelapa ke dalam gelas, lalu mencemplungkan batu akik ke dalamnya.

Untuk hasil maksimal, anda bisa mendiamkan batu akik selama semalam dan mengeringkannya menggunakan lap keesokan harinya.

**

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat batu akik. Jadi, ternyata batu akik itu perlu mendapatkan perawatan yang benar jika ingin memiliki nilai jual yang tinggi. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips di atas untuk tetap menjaga keawetan batu akik Anda. Dengan begitu, batu akik anda pun akan tetapi terlihat mengkilap tanpa harus mengalami kerusakan.

Sumber