Otomotif

Punya Motor Injeksi? Cek 8 Cara Merawat Motor Injeksi

Punya Motor Injeksi Cek 8 Cara Merawat Motor Injeksi

Cara merawat motor injeksi, Motor adalah sebuah alat transportasi yang banyak di gunakan di indonesia , lebih dari puluhan jutaan sepeda motor sudah beroperasi di indonesia.

Meski harga motor saat ini sudah terbilang mahal, namun tidak menghalangi bagi setiap orang untuk memiliki motor yang sesuai dengan kebutuhan bahkan sesuai dengan idaman kita pribadi.

Berbagai fitur dan teknologi sudah di tanamkan beberapa produsen motor untuk motor motor keluaran tahun 2017 ini. Ambil contoh adalah motor injeksi merupakan teknologi yang sudah di terapkan di semua jajaran motor di tahun ini.

Motor injeksi berbeda dengan motor yang menggunakan karbulator untuk mengatur dan juga menyuplai bahan bakar ke ruang bakar.

Merawat sebuah motor dengan teknologi Injeksi ini memang harus menggunakan cara-cara tertentu agar perfoma motor selalu tetap prima.

Salah sedikit saja pada cara perawatannya, memungkinkan motor anda akan rusak seperti motor anda sering mogok dijalan maupun tidak sempurna dalam melakukan pemakaian pada mesin motor anda.

Tapi Apakah Setiap Orang Tahu Cara Merawat Motor Injeksi ? Berikut Beberapa Cara Merawatnya :

1. Bahan Bakar

Terkadang kita selalu isi bensin menggunakan bensin yang murah saja seperti premium karena tidak pernah mengerti akan arti oktan itu sendiri.

Oleh karena itu banyak kasus motor injeksi yang di beri baha bakar dengan nilai oktan rendah atau di bawah regulasi untuk motor injeksi.

Motor injeksi sendiri minimal di beri bahan bakar beroktan 90 keatas.Kinerja mesin akan berpengaruh jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah dan akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi serta mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

Selain itu, Bahan bakar berkualitas buruk yang ditambahkan dengan oktan booster dengan spesifikasi yang tidak sesuai akan menyebabkan lubang injektor.

2. Kondisi Accu/Aki

Cara merawat motor injeksi, Jika anda memiliki motor dengan sistem injeksi selain oktan kondisi accu/aki juga harus anda cek secara berkala karena teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi Aki sebagai penghidup mesin pada sistem pembakarannya.

Dan jika air Aki ini kurang, segeralah tambahkan dengan air aki yang banyak beredar di pasaran. Namun jika Aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal ataupun stabil, kami sarankan lebih baik anda mengganti Aki motor Injeksi anda, sebelum Aki benar-benar soak / rusak dan akan merembet ke bagian atau part injeksi anda.

3. Pelumas/ Oli

Mengganti oli memang terkadang membuat kita malas karena menganti ataupun budget yang harus di keluarkan. Akan tetapi mengganti oli secara berkala adalah keharusan ataupun kewajiban buat kalian yang mempunyai motor injeksi.

Dalam manual booknya anda di wajibkan mengganti oli minimal pada kilometer 1000 atau di bulan ke 2. Jadi mana yang lebih dahulu sampai. Misalkan belum 2 bulan trip anda sudah menempuh 1000 kilometer berarti anda harus cepat cepat mengganti oli anda.

Atau sudah 2 bulan trip anda masih di bawah 1000 kilometer anda harus mengganti oli anda. Di pasaran sekarang banyak sekali merk oli dari yang murah sampai yang mahal. Akan tetapi pilihlah oli yang sesuai karekter mesin anda ataupun oli yang memang di rekomendasikan oleh mekanik motor anda.

4. Perikasa ECU

Electronic Control Unit adalah otak dari pengoperasian sistem Injeksi pada motor kalian . Oleh karena itu ECU memiliki peran penting dalam mengatur dalam banyak hal seperti takaran bahan bakar yang di semprotkan maupun buka tutup klep injektor.

Sudah bisa di bayangkan jika ECU kita bermasalah atau malah tidak berjalan seperti biasa akan mengakibatkan banyak hal seperti motor mogok ataupun bensin kita menjadi sangat boros.

Oleh karena itu periksakan secara berkala ECU kita ke tempat dealer dealer resmi motor anda karena pengecekan ECU hanya bisa di lakukan oleh mekanik menggunakan peralatan khusus.

5. Busi Motor

Cara merawat motor injeksi sangat tergantung pada kebagusan pemantikan api yang di keluarkan oleh busi motor, sudah bisa di pastikan jika busi tidak baik akan mempengaruhi kinerja injeksi.

Sementara itu jika terjadi kerusakan pada busi maka proses pembakaran pada mesin tidak akan sempurna dan mengakibatkan mesin menjadi kurang mengeluarkan power bahkan bisa membuat motor tidak akan menyala sama sekali.

Jadi jika busi motor anda sudah tidak menghasilkan api  atau dengan tanda tanda susah di nyalakan sangat di anjurkan  untuk lebih baik  mengganti busi motor anda dengan yang baru agar pembakaran pada ruang pembakaran menjadi lebih sempurna.

6. Servis Berkala

Melakukan service pun di perlukan oleh motor yang mempunyai sistem injeksi. Karena sistem injeksi memerlukan tenaga ahli yang mampu mendiagnosa dan juga memperbaiki kerusakan yang ada. Anjuran untuk service berkala paling lama yaitu setiap 3.000 km atau sesuai dengan buku petunjuk servis di setiap motor.

Namun sangat di sarankan lebih baik anda rutin melakukan servis motor setiap 1 bulan sekali untuk mengecek kondisi motor anda dan memastikan motor dalam kondisi yang baik.


Pages: 1 2

Most Popular

To Top