Aktifkan Nexus Buatan Google Bisa lewat Perintah Suara

preorder-nexus-6
preorder-nexus-6

Tidak hanya menggunakan serangkaian pattern atau PIN, pengguna smartphone Nexus buatan Google tidak lama lagi bisa membuka (unlock) perangkat mereka dengan menggunakan suara.

Fitur yang dinamakan Trusted Device ini bakal hadir bersama dengan pembaruan Google Play Services versi 7.0 dan Android 5.1 Lollipop. Kemungkinan, seperti KompasTekno kutip dari Slashgear, Selasa (14/4/2015), pengguna bisa mengakses fitur tersebut langsung melalui menu Setting standar di Android.

Penggunaan fitur ini dikatakan tidak jauh berbeda ketika pengguna membuka layanan Google Now dengan menggunakan suara. Nantinya, pengguna perlu mengucapkan kata “OK Google” untuk membuka sistem.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, ketika pengguna sering menggunakan kata “OK Google”, sistem akan makin mengenali suara pengguna.

Google sendiri memberi peringatan bahwa sistem keamanan tersebut tidak seaman ketika pengguna menggunakan PIN atau password. Sistem dapat diakali dengan berbagai cara. “Kunci” dapat dibuka ketika seseorang menggunakan rekaman suara pengguna.

Apabila ada seseorang yang memiliki suara yang mirip dengan pengguna, orang itu pun dapat membuka kunci sistem. Nantinya, pengguna tetap akan memasukkan kode PIN tersendiri sehingga pengguna bisa membuka Android secara manual. Hal tersebut akan sangat berguna, apabila suara pengguna sedang bermasalah.

Selain lewat suara, Google juga akan memperkenalkan fitur membuka sistem Android lain yang dinamakan Trusted Devices, Trusted Face, dan Trusted Places.

Sama seperti namanya, pengguna bisa menggunakan wajah untuk membuka sistem melalui fitur Trusted Face.

Sementara itu, pengguna bisa memanfaatkan perangkat lain, menggunakan Bluetooth, untuk membuka Android. Sebagai contoh, sistem perangkat bisa dibuka, apabila ada jam tangan dengan Android Wear didekatnya.

Ada juga Trusted Places, yang mengizinkan perangkat untuk dibuka di beberapa tempat tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Saat ini, fitur unlock tersebut baru akan tersedia di perangkat Android stock, seperti Nexus contohnya. Masih belum jelas, apakah fitur tersebut akan tetap hadir di perangkat lain atau tidak.

Sumber