Alasan Mengapa Anda Harus Lebih Banyak Tertawa

7-Alasan-Mengapa-Anda-Harus-Lebih-Banyak-Tertawa
7-Alasan-Mengapa-Anda-Harus-Lebih-Banyak-Tertawa
7-Alasan-Mengapa-Anda-Harus-Lebih-Banyak-Tertawa

Kita semua telah mendengar ungkapan “tertawa adalah obat terbaik”; Namun sangat sedikit dari kita tahu bahwa hal ini sebenarnya sudah terbukti benar.

Rasa humor yang baik dan kemampuan untuk tertawa dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara fisik, emosional dan sosial.

Ini jauh lebih murah daripada harus ke dokter, dan bekerja jauh lebih baik daripada obat apapun di luar sana, jadi mengapa tidak mencobanya?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa tertawa baik untuk kesehatan Anda:

1. Terkait Dengan Fungsi Sehat Pembuluh Darah

Tertawa memicu pelebaran atau perluasan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah, meningkatkan aliran darah.

“Bisa dibayangkan bahwa tertawa mungkin penting untuk menjaga endotel yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” kata peneliti utama Michael Miller.

2. Meningkatkan Kesehatan Emosional

Tawa dan humor memicu pusat emosional dan pituas otak, melepaskan dopamin, yang membantu otak untuk memproses respon emosional dan meningkatkan rasa senang; serotonin, yang meningkatkan suasana hati; dan endorfin yang mengatur rasa sakit dan stres dan menyebabkan euforia.

Tawa meniru bentuk euforia dalam komunal seperti saat menulis musik dan menari. Bukti menunjukkan hal ini terkait dengan pelepasan endorfin.

3. Memainkan Peran Penting Dalam Interaksi Sosial Dan Keterikatan

Telah dihipotesiskan bahwa tertawa telah ada jauh sebelum manusia mulai menggunakan kemampuan berbicara. Oleh karena itu sudah ada isyarat-isyarat sosial naluriah yang disadari dalam situasi sosial.

Tertawa memainkan peran penting dalam mengatur percakapan pada manusia dan juga signifikan dalam memfasilitasi ikatan sosial antara kelompok individu.

Rasa humor penting dalam komunikasi interpersonal dan daya tarik, dan merupakan komponen penting dari kompetensi sosial.

Rasa humor yang sehat mengikat teman dan keluarga, dan memperkuat identitas kelompok. Tertawa konon bahkan dapat meningkatkan kebahagiaan dalam pernikahan.

4. Membuat Anda Lebih Menarik

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan selera humor yang baik ditemukan lebih menarik. Pada gilirannya, pria lebih tertarik pada wanita yang menertawakan lelucon mereka.

Ini membuat Anda lebih nyaman berada di dalam situasi sosial, seperti pesta, yang memungkinkan Anda untuk memperluas lingkaran sosial Anda.

Memiliki rasa humor yang baik dalam sebuah wawancara kerja juga meningkatkan peluang Anda untuk bisa diterima.

5. Menurunkan Tingkat Stres Dan Kecemasan

Humor digambarkan sebagai unsur pertahanan dan dapat memungkinkan Anda untuk menempatkan masalah sehari-hari ke dalam perspektif, meningkatkan kemampuan Anda dalam mengatasi situasi sulit.

Ini menurunkan efek buruk dari stres terhadap kesehatan dan mempromosikan suasana hati yang positif untuk membatalkan emosi negatif.

Tawa juga menular, jadi mengapa tidak membantu meningkatkan suasana hati seseorang dengan berbagi tawa dengan mereka?

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Kehidupan sehari-hari yang penuh dengan stres menekan sistem kekebalan tubuh, dari situasi yang paling sederhana seperti mobil mogok, meningkatkan risiko penyakit menular dan penyakit jantung.

Rasa humor yang baik mencegah stres sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, melindungi Anda dari penyakit.

7. Bermanfaat Bagi Sistem Pernapasan

Tertawa menyediakan metode tercepat dan termudah untuk mengatur pernapasan dan membilas paru-paru. Hal ini menyebabkan peningkatan langsung pada denyut jantung, laju pernapasan dan konsumsi oksigen.

Sumber