Bagaimana Membuat Facebook Page Untuk Bisnis?

membuat-facebook-page
membuat-facebook-page
membuat-facebook-page

Facebook bukanlah hanya sekedar website tempat dimana orang-orang menjalin pertemanan, bertemu kenalan lama ataupun berbagi foto dan video. Lebih dari itu, facebook dapat dimanfaatkan sebagai marketing untuk bisnis Anda.

Facebook memperbolehkan sebuah bisnis untuk membangun jaringan di antara jutaan pengguna facebook yang tersebar di seluruh dunia, memperbolehkan mempromosikan sebuah brand, produk atau jasa, berkomunikasi dengan audiens, mendapatkan feedback dan banyak lagi keuntungan lainnya.

Ada banyak bisnis yang beredar di facebook dan mendapat keuntungan setiap harinya. Nah, mengapa Anda tidak melakukan hal yang sama? Kami berbagi tips bagaimana memanfaatkan facebook untuk mendatangkan manfaat bagi bisnis Anda.

Membuat Facebook Page

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat facebook page. Facebook page ini mirip dengan facebook pribadi yang biasa Anda gunakan, akan tetapi memiliki beberapa fitur spesial seperti kemampuan untuk menarik followers tanpa batas dan memasukkan dalam facebook page Anda tanpa perlu persetujuan mereka.

Cara membuat facebook page, ketikkan url €œhttp://www.facebook.com/pages/create.php € di browser Anda kemudian ikutilah instruksi facebook selanjutnya.

Memposting Konten

Setelah memiliki facebook page, langkah selanjutnya adalah Anda dapat mulai mengundang orang-orang untuk mengunjungi page tersebut. Disarankan untuk membuat undangan seatraktif mungkin sehingga pengunjung tertarik untuk meng-klik like dan memfollow facebook page Anda.

Beberapa cara menarik untuk mempublikasikan konten di facebook page, misalnya:

  • Testimoni dari beberapa pengguna produk
  • Benda-benda kecil yang mungkin berguna untuk audiens, misalnya pedoman penggunaan atau suvenir
  • Gambar produk
  • Gambar peristiwa dimana perusahan Anda berpartisipasi“
  • Video produk
  • Informasi tentang produk baru, promosi atau acara

Secara umum, semua jenis konten dapat dipublikasikan akan tetapi ingatlah untuk membuat publikasi yang menarik perhatian audiens.

Menarik Pengikut

Setelah memiliki facebook page yang cukup menarik, langkah berikutnya adalah bagaimana menarik pengikut.

Sebagai langkah awal, mulailah dari lingkaran pertemanan. Undanglah teman-teman Anda melalui facebook pribadi Anda. Anda juga dapat mengundang secara pribadi via email, perkenalkan bisnis Anda dan beritahu bahwa mereka dapat mengunjungi facebook page bisnis Anda untuk mengetahui lebih lanjut dan kemudian mengklik tombol “like“.

Cara lain untuk mempromosikan adalah menempatkan link facebook page di website bisnis Anda. Anda dapat mengaturnya di widget web dan masukkan url facebook page Anda.

Anda juga dapat menggunakan program iklan facebook yang memungkinkan  pengguna  facebook untuk mempublikasikan iklan dan tampil pada dinding pengguna facebook lainnya, tetapi tentu saja cara ini berbayar.

Jangan lupa untuk berpromosi secara offline. Cantumkan facebook page bisnis Anda pada media yang biasa Anda gunakan, seperti poster, brosur, selebaran, kartu nama dan lain-lain.

Interaksi

Setelah mendapatkan pengikut, jangan abaikan interaksi.

Usahakan untuk selalu menjawab setiap komentar dan pertanyaan ataupun keluhan. Jawaban harus sopan, menjelaskan fakta-fakta, meminta maaf atau bahkan menawarkan sebuah kompensasi jika terdapat keluhan, karena keluhan akan membuat citra yang sudah dibangun dapat menjadi buruk.

Cara lain untuk berinteraksi dengan pengikut adalah membuat survey, mengumumkan acara atau membuat penawaran, yang memungkinkan untuk mendapatkan umpan balik.

Mempromosikan Produk dan Jasa

Facebook memungkinkan promosi yang efektif terutama karena pengguna facebook sering mempertimbangkan selera dan publikasi bersama.

Anda pun demikian bukan? Memutuskan membeli sebuah barang karena rekomendasi seorang teman. Hal inilah yang terjadi di facebook.

Untuk mempromosikan produk dan jasa pada facebook page, Anda bisa mempublikasikan gambar produk, catatan pada peluncuran produk, promosi yang diberikan ataupun voucher bagi pengikut facebook page.

Satu poin penting adalah Anda harus mempertimbangkan tujuan utama dari sebuah facebook page yaitu untuk menarik pengikut dan mendapatkan loyalitas mereka. Jika kemudian Anda mendapatkan pembeli, maka itu adalah bonus.

Semoga tips memanfaatkan facebook untuk bisnis Anda mendatangkan manfaat.