Kesehatan

Bagaimana Memulai Treatment Pecandu Narkoba ?

Bagaimana Memulai Treatment Pecandu Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan/Obat berbahaya lainnya yang sifatnya adiktif (membuat kecanduan/ketergantungan).

Berdasarkan jenisnya, diberikan Istilah lain dari Narkoba, yaitu Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Berdasarkan penggunaannya, narkoba dibedakan menjadi 2 golongan. Yakni:

  • Ilegal: Penggunaan Narkoba secara sembarangan dan melanggar hukum.
  • Legal : Penggunaan narkoba di tangan dokter atau ahli medis, sesuai indikasi medis dan ketentuan standar operasional prosedure medis (SOP) yang berlaku untuk terapi pasien.

Narkoba atau Napza adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang.

Menurut WHO, Semua bahan-bahan yang terdapat dalam Narkoba, baik itu dengan bentuk padat, cair, dan gas yang dimasukkan ke tubuh manusia, dapat merubah fungsi dan struktur tubuh secara fisik dan psikis.

KONSEP SEHAT-SAKIT

Di atas, dijelaskan bahwa Narkoba dapat merubah fungsi dan struktur tubuh baik secara fisik dan psikis. Jadi penggunaan yang ilegal, dapat menyebabkan perubahan fisik dan psikis ke arah yang lebih buruk atau negatif.

Menurut WHO, Kesehatan adalah keadaan sempurna baik fisik, mental, dan sosial. Bukan hanya bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan.

Sedangkan Sakit adalah suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga menimbulkan gangguan aktifitas sehari-hari baik aktifitas jasmani, rohani, dan sosial.

Di tangan yang bukan Ahli, seperti dokter atau tenaga medis lainnya, Narkoba dapat menyebabkan perubahan fisik dan psikis ke arah yang lebih buruk atau negatif atau sakit.

Intinya, Narkoba yang digunakan secara ilegal bisa Mengganggu baik itu aspek fisik, psikis, dan sosial.

Jika ada gangguan dari fisik dan psikis atau mental akibat narkoba , maka akan sangat mempengaruhi aspek sosial atau pergaulan dari pemakai narkoba secara ilegal.

Biasanya para pemakai narkoba akan menutup diri dari pergaulan, bahkan apabila mereka kecanduan, mereka bisa nekat mencuri untuk mendapatkan narkoba.

Harta mereka habis hanya untuk narkoba. Narkoba menyebabkan kerusakan otak secara permanen dan membuat ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis ?

Memakai terus secara tidak terkontrol, dosis yang dipakai semakin besar untuk mendapatkan efek yang diinginkan (OVER DOSIS) MENINGGAL.

Pages: 1 2 3

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top