Cara Cerdas Siapkan Dana Pendidikan Anak

dana-pendidikan-anak
dana-pendidikan-anak
dana-pendidikan-anak

Pendidikan anak merupakan hal nomor satu yang menjadi beban serta tanggung jawab dari orang tua. Tentu tak ada orang tua yang tidak ingin anak-anaknya lulus menjadi seseorang yang memperoleh pendidikan tinggi, oleh karena itu persiapan pendidikan anak hendaknya mulai dipersiapkan dari sekarang.

Dana pendidikan di masa sekarang saja sudah mahal, bagaimana dana pendidikan di masa mendatang? Jika berharap dari subsidi pemerintah, rasanya terlalu naif.

Lebih baik kita sebagai orang tua berusaha terlebih dahulu ketimbang mempertaruhkan hal yang belum pasti kepada pemerintah.

Dan dana pendidikan tentu saja tidak dapat diperoleh secara instan, dibutuhkan siasat cerdas dalam pengelolaannya agar dana pendidikan yang dipersiapkan cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak di masa depan.

Inilah 4 cara cerdas siapkan dana pendidikan anak yang bisa mulai kita cicil dari sekarang.

1. Tentukan terlebih dahulu jenis pendidikan anak

Sebelum mempersiapkan dana untuk pendidikan anak, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu soal macam aatu jenis sekolah anak yang sesuai dengan keinginan kita.

Sekolah negeri dengan swasta tentu saja berbeda biayanya. Begitu pula dengan sekolah internasional atau homeschooling.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menentukan sekolah apa dan bagaimana yang akan diberikan kepada anak. Ketahui terlebih dahulu plus minus mengenai sebuah sekolah, dan sesuaikan dengan kondisi dari buah hati.

Dengan menentukan sekolah mana yang akan dituju si kecil, maka kita akan tahu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membiayai anak menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

2. Cari tahu biaya apa saja yang harus dikeluarkan

Hampir setiap sekolah memberikan aturan yang sama soal biaya pendidikan, seperti adanya uang masuk, uang SPP, biaya daftar ualng, dan lain sebagainya.

Namun setiap sekolah memiliki kebijakan yang berbeda pada besaran biayanya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui biaya apa saja dan berapa besaran yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kewajiban tersebut.

Selain uang pokok seperti uang SPP dan daftar ulang, perhatikan juga biaya tambahan lainnya seperti biaya ekstrakurikuler, transportasi, makan, dan lain sebagainya.

3. Mulai menabung

Besaran biaya pendidikan anak tentunya sudah terbayang di benak kita. Tentu jumlahnya cukup besar jika tak dipersiapkan dengan matang.

Oleh karena itu kita bisa bersiap mengumpulkan uang untuk biaya pendidikan tersebut. Tabungan pendidikan anak merupakan cara yang cukup efektif untuk menyiapkan dana pendidikan tersebut.

Pilih jangka waktu yang sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, misalnya 2  atau 3 tahun, lalu mulai sisihkan perlahan dari uang gaji yang kita terima tiap bulannya.

Dengan rajin menyisihkan uang gaji, tak terasa tabungan pendidikan si kecil sudah terkumpul cukup banyak dan siap digunakan untuk bekal masa depan mereka.

4. Ikut asuransi pendidikan

Jika kita akan menyiapkan dana pendidikan anak untuk sekolah tingkat lanjut atau kuliah, tak ada salahnya untuk mencoba produk asuransi pendidikan.

Tabungan pendidikan hanya bisa digunakan untuk jangka pendek saja, karena biar bagaimanapun tabungan di bank akan tergerus oleh inflasi tiap tahunnya.

Dengan asuransi pendidikan, kita dapat lebih mempersiapkan bekal masa depan si kecil. Sebisa mungkin pilih premi asuransi yang sesuai kemampuan dan klaim asuransi yang mudah.

Sumber