Kesehatan

Cara Efektif Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Cara Efektif Mengatasi Telinga Kemasukan Air

4. Cara keempat adalah dengan menjatuhkan diri ke kasur dalam keadaan miring, sisi dimana telinga yang kemasukkan air di bawah.

Lakukan gerakan cepat ke arah kasur, getaran yang terjadi seharusnya dapat mengeluarkan air di dalam kuping.

Cara mengatasi telinga kemasukkan air di atas adalah yang paling disarankan karena lebih aman, namun jika terpaksa gunakan alat untuk mengeluarkannya.

1.  Ear dryer, kebanyakan perenang pasti memiliki alat ini.

2. Hair dryer, agak terpaksa sih tapi fungsi pengering rambut ini juga meniupkan air yang bisa membantu air cepat keluar dari lubang kuping.

3. Kertas/ Tisu, ambil secuil kertas lalu gulung meruncing. Masukkan gulungan ini ke dalam lubang telinga untuk menyerap air di dalamnya.

Lakukan beberapa kali sampai degungan di telinga tidak menganggu lagi. Alternatifnya adalah cotton bud tapi sebaiknya cari yang paling kecil.

Cara ini cukup beresiko jika anda memasukkan terlalu dalam karena dapat melukai gendang telinga.

4. Meneteskan cairan ke dalam telinga yang kemasukkan air. Cairan yang digunakan antara lain alkohol + cuka, perasan bawang putih ataupun air bersih.

Caranya cukup teteskan beberapa cairan lalu miringkan kepala anda sampai air yang terperangkap ikut keluar.

Itulah cara mengeluarkan air dari telinga yang sangat mudah dilakukan, jika masih gagal dan telinga terasa berdengung berhari-hari maka segeralah menghubungi THT untuk penanganan lanjutan.

Pastinya mereka akan memberikan obat telinga kemasukan air yang tepat. Kalau kasus terjadi pada bayi maka harus ekstra hati-hati dan segeralah ke dokter spesialis THT.

Bahaya Telinga Kemasukan Air

Dalam telinga kita terdapat zat lilin yang berperan untuk melindungi telinga kita dari debu kotoran, serangga kecil dan benda asing lainnya. Selain itu kehadirannya dapat menjaga kelembaan dalam telinga sehingga bakteri baik bisa tumbuh.

Air yang masuk terutama dalam jumlah banyak pasti dapat menyapu lapisan lilin sehingga saat itu telinga tanpa perlindungan. Lubang telinga kita tertutup membuat air yang masuk tidak mungkin menguap begitu saja.

Kondisi tersebut memungkinkan bakteri dan jamur tumbuh dalam telinga yang nantinya menyebabkan infeksi.

(**CARABUAS.XYZ)

Pages: 1 2

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top