Cara Melatih Kebiasaan Baik pada Si Kecil

melatih-kebiasaan-baik-pada-anak
melatih-kebiasaan-baik-pada-anak
melatih-kebiasaan-baik-pada-anak

Melatih si kecil untuk mandiri dan melakukan hal-hal yang baik untuk dirinya membutuhkan kesabaran dan kreatifitas dari orang tuanya.

Langkah awal untuk mengajarkan kebiasaan baik sehari-hari pada si kecil adalah dengan memberi contoh, karena sifat alami anak kecil adalah meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya.

Apa saja kebiasaan baik yang bisa kita ajarkan pada si kecil? Simak ulasan berikut.

1. Mencuci Tangan

Ajarkan si kecil untuk mencuci tangannya setelah bermain, setelah makan, dan setelah buang air kecil atau besar.

Siapkan ember kecil berisi air ,yang selalu diganti setelah digunakan, dengan sabun cuci tangan, handuk kecil dan hand sanitizer di tempat yang mudah dia raih.

Si kecil pasti suka bermain air dan busa sabun, sehingga proses belajar untuk menjaga kebersihan tangan akan mudah diajarkan pada si kecil.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Peran orangtua sangat penting disini, karena kita yang menyiapkan makanan untuk mereka. Siapkan buah, nasi lengkap dengan sayur dan lauknya di atas meja kecil, kemudian kita ajak si kecil makan bersama dengan makanan yang sama.

3. Minum Air

Pastikan si kecil minum air secara teratur sepanjang hari karena air putih akan membersihkan racun dalam tubuh dan menghindari tubuh mengalami dehidrasi.

Minum air yang cukup akan meningkatkan konsentrasi dan membantu organ tubuh berfungsi dengan baik.

4. Rajin Menggosok Gigi

Siapkan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk anak yang memiliki aneka rasa. Ajarkan si kecil untuk menggosok gigi sehabis sarapan dan sebelum tidur.

Kita bisa mengajak dia melakukan bersama-sama, sehingga si kecil bisa mencontoh bagaimana menyikat gigi dengan baik dan benar.

Ajaklah si kecil mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk menjaga gigi tetap terawat baik sekaligus mengajarkan si kecil untuk tidak takut pada dokter.

5. Tidur Secukupnya

Seorang balita membutuhkan waktu untuk tidur hingga 12 jam dalam sehari. Tidur yang cukup bagi balita akan membuat tubuh dan otaknya mampu beristirahat dengan baik. Aturlah jadwal tidur si kecil, dan ajarkanlah si kecil untuk mematuhi jadwal tersebut.

Awalnya kita bisa menemani dia di kamarnya, membacakan cerita atau sekedar berada di dekatnya sampai dia tertidur, lama kelamaan kita cukup mengantarkan dia ke kamarnya saja. Pada tahap selanjutnya, dia akan tidur sendiri tanpa harus ditemani.

6. Merapikan Mainannya Sendiri

Ajarkan kerapihan kamar dan mainan-mainan miliknya. Ajak si kecil bermain bersama, lalu rapikan mainannya sambil bercerita dengan melibatkan barang-barang di kamarnya, si kecil pasti akan menganggap kegiatan merapikan kamar dan mainannya adalah bagian dari sebuah kegiatan bermain.

7. Aktif Bermain

Bagi si kecil, bermain adalah proses belajar, dan bermain tidak sebatas bermain di kamar atau di dalam rumah saja.

Bermain di halaman rumah membuat si kecil bisa mengeksplorasikan kemampuannya untuk mengenal dan mencari tahu tentang alam dan lingkungannya.

Bermain di alam terbuka membuat si kecil aktif bergerak, menghirup udara segar dan terkena matahari yang menyehatkan. Agar terhindar dari efek buruk cuaca dan matahari yang panas, bermainlah saat hari belum beranjak siang dan saat cuaca cerah. Gunakan sunblock dan topi untuk melindungi si kecil dari panas matahari.

Sumber