Tips dan Trik

Cara Membersihkan Headset Putih Agar Kinclong Kembali

Cara Membersihkan Headset Putih Agar Kinclong Kembali

Istilah headset di Indonesia sering digunakan untuk menyebut alat yang dimasukkan ke dalam telinga untuk mendengarkan musik.

Penggunaan kata ini sebenarnya salah, yang disebut headset seharusnya adalah gabungan dari headphone dan microphone.

Sering dijumpai dipakai oleh orang yang bermain game online, streamer ataupun operator. Sedangkan benda yang kita pakai untuk mendengarkan musik dari HP ataupun mp3 seharusnya disebut dengan earphone.

Bagi sebagian orang, earphone adalah alat penting yang dapat membantu lebih fokus bekerja ataupun hiburan ketika bersantai. Kelebihan dari earphone itu tidak membuat orang di sekitar merasa terganggu karena suara earphone hanya didengar penggunanya saja.

Jadi tidak heran jika earphone sering digunakan dan cepat menjadi kotor. Kepala earphone yang dimasukkan dalam telinga membuatnya lebih mudah kotor, apalagi kalau penggunanya kurang telaten menjaga kebersihan.

Jika dibiarkan kotor begitu saja, ditakutkan dapat menyebabkan munculnya bakteri dan infeksi pada telinga. Selain itu kotoran yang menempel juga bisa mengurangi kualitas suara yang dihasilkan.

Cara Membersihkan Headset

Sebenarnya untuk membuat earphone kinclong kembali seperti baru sangatlah mudah, cukup bersihkan dengan air hangat dan cairan disinfektan. Siapkan kapas/ kain microfiber dan tusuk gigi kecil/ sikat gigi.

  • Buatlah larutan pembersih dengan air hangat dan cairan disinfektan, perbandingan keduanya 2:1. Aduk aduk hingga tercampur rata
  • Celupkan kain microfiber pada larutan, sedikit peras agar tidak terlalu basah. Kemudian gosokkan ke earphone mulai dari ujung colokan, kabel sampai kepala.
  • Gunakan tusuk gigi untuk merontokkan kotoran yang membandel pada sela sela dan lubang. Fokuskan perhatian pada bagian kepala terutama lubang kecil keluarnya suara.
  • Tidak ada salahnya dibilas sekali larutan pembersih, terakhir tinggal dikeringkan dengan kain lap bersih

Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ada air yang masuk ke lubang pada bagian kepala dan lainnya. Pastikan kain microfiber tidak terlalu basah ketika mengelap. Sekali masuk ke dalam, sulit untuk mengeringkannya.

Membersihkan earphone berwarna putih lebih sulit dibandingkan dengan warna lain. Kotoran biasanya membuat warna terlihat kuning kecoklatan sedikit kusam. Gunakan minyak kayu putih agar lebih cepat putih kembali.

Sering mendengarkan musik dengan bantuan headset ataupun earphone terbukti dapat membuat lubang telinga lebih cepat kotor dari pada biasanya. Selain menjaga kebersihan perangkat pendengar ini, ada baiknya juga bersihkan telinga secara berkala.

Sekian artikel tentang Cara Membersihkan Headset Putih Agar Kinclong Kembali. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan earphone. Memainkan music yang keras di depan telinga secara langsung, beresiko merusak fungsi pendengaran manusia. Terima kasih!

(**CARABUAS.XYZ)

Most Popular

To Top