Keluarga

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Jika sudah waktunya makan anak akan sulit untuk diajak makan, kenapa? Mungkin karena menunya yang tidak berubah atau kurang adanya sentuhan unik dari penyajian makanan.

Sebagai anak di usia tertentu memang sangat menyukai hal-hal yang unik dan menarik, meskipun tidak seberapa tapi dengan cara tersebut bisa membuat anak tertarik untuk makan.

Seperti membuat bentuk karakter atau huruf dan angka pada sayuran, membuat kreasi unik dari nasi dengan menghiasnya semenarik mungkin dan lain sebagainya.

Maka dari itu, ada cara mengatasi anak susah makan nasi dengan cara yang tepat, berikut penjelasannya:

1.Biasakan anak makan tepat waktu, makan sehari 3 kali adalah yang paling ideal dan teratur. Biasanya waktu makan itu dibagi ke dalam 3 waktu, yaitu pagi, siang dan malam.

Di luar waktu tersebut anak boleh memakan cemilan lain selain nasi asalkan yang sehat, seperti puding buah, es krim, atau makanan lainnya yang bukan junk food karena tidak baik untuk kesehatan.

2.Ajak anak untuk makan bersama, biasanya anak akan lebih suka jika makan bersama anggota keluarga, selain rame juga akan membuat anak tidak bosan jika harus makan sendiri.

3.Jangan memberikan anak cemilan pada saat jam makan, sebaiknya cemilan diberikan pada saat waktu senggang yaitu 2 atau 3 jam sebelum makan nasi. Dengan begitu anak akan mudah lapar dan harus memakan nasi.

4.Membuatkan menu yang berbeda atau bervariasi, buatkan anak menu khusus agar tidak merasa bosan, karena jika menu makanan sehari-hari itu saja akan membuat anak merasa bosan dan tidak mau makan.

5.Menyajikan makanan dengan menarik, dengan begitu anak tidak hanya tertarik dengan bentuknya dan anak pun akan ingin memakannya.

6.Melibatkan anak untuk membuat makanan yang ia sukai. Sekali-kali ajak anak Anda untuk belajar membuat makanan kesukaannya, agar anak tahu betapa susahnya membuat makanan tersebut dan sayang jika tidak dimakan.

7.Berikan suplemen tambahan agar anak nafsu makannya meningkat. Sudahkah Anda memberikan menu makanan yang cukup bagi anak Anda? Biasakan memberikan makan pada anak sesuai jadwal dan jangan sampai anak tidak mau makan nasi. Itulah cara mengatasi anak susah makan nasi dengan cara yang tepat.

Most Popular

To Top