Otomotif

Cara Mengecat Motor yang Benar Agar Kinclong

Cara mengecat motor yang Benar Agar Kinclong

Mengecat motor adalah sebuah kegiatan yang bisa di bilang gampang gampang sulit. Bisa di bilang gampang karena biasanya beberapa kasus mengecat motor hanya tinggal semprot dan di bilang sulit karena hasilnya yang kurang maximal mulai dari hasil yang kurang rata sampai hasil cat nya kurang pas dengan object yang akan di cat.

Disini setidaknya akan saya share bagaimana cara mengecat dengan baik dari beberapa cara yang bisa di bilang cukup famliar di indonesia. Sebelum melangkah ke cara mengecat motor lebih baik kita siapkan peralatan yang akan kita gunakan.

  • Amplas halus , Siapkan amplas dengan minimal ber nomor 2000 karena biasanya nomor ini memang diperuntukkan untuk body motor.Jika tidak ada bisa gunakan amplas yang lebih halus.
  • Dempul , Dempul sebetulnya bukan alat akan tetapi lebih kepada bahan yang akan di gunakan untuk mengacat motor , karena dempul akan membantu agar hasil cat rata dan sempurtna.
  • Epoxy , buat yang belum tau epoxy gunanya untuk membuat hasil cat kita mengkilap kayak baru dari dealer. Meski banyak merk tapi gunakan yang model semprot dan di peruntukan motor
  • Thinner, nah ga usah banyak di jelasin untuk apa . yang pasti ini merupakan bahan campuran buat cat motor kita nanti
  • Cat , ini udah ga usah di bahas karena ini yang akan kita gunakan.  Gunakan cat  yang memang di kenal untuk cat ulang motor anda . banyak merk di pasaran tapi gunakan merk yang familiar agar hasil cat tidak mudah luntur ataupun warna cat jauh dari yang kita inginkan.
  • Clear coat , seperti namanya Clear coat/coating punya fungsi melindungi cat yang sudah kita kerjakan agar lebih maximal .
  • Kompound / Poles motor , ini  sih sebetulnya optional karena fungsinya hanya sebagai finishing supaya motor kita benar benar terlihat seperti baru lagi.
  • Lakban kertas, lakban ini merupakan lakban yang berbahan dasar dari kertas. Fungsinya adalah menutupi atau melindungin part yang tidak akan kita cat yang kebetulan objek yang akan kita cat berdekatan dengan object ini.

Sebelum lanjut ke cara tutorialnya saya akan jelaskan 2 alat yang akan di gunakan untuk mengecat motor.

Pengecatan menggunakan sprygun

Alat yang satu ini adalah alat yang biasa di gunakan oleh para industri cat motor baik bengkel ataupun toko yang menyediakan jasa untuk cat ulang motor.

Jika kita ingin mengguanakan cara ini bisa terbilang membutuhkan budget besar dan jika kalian hanya menggunakan beberapa part motor yang akan di cat seperti hanya spakbor atau head motor lebih baik jangan gunakan cara ini.

Saat ini harga sprygun di kisaran 100-300rb dan ituhanya head unitnya , sedangkan sprygun bisa beroperasi menggunakan kompressor dan harga kompresor yang kecil aja bisa mencapai 300-500 rb .

Meski di pasaran kini ada sprygun yang sudah 1 paket dengan mini kompresor akan tetapi harga yang mencapai 600rb pun bukan pilihan terbaik jika anda termasuk orang yang jarang cat motor anda. ads

Speedcat

Alat ini hampir sama dengan sprygun , akan tetapi jumlah penampungan cat yang banyak adalah ciri khas dari speedcat.  perbandingannya jika sprygun hanya bisa menggunakan 1/2 kaleng cat  sedangkan speedcat akan bisa menampung 1 kaleng cat dalam sekali naik.

Penggunaan cat semprot /pilox

Cara yang satu ini adalah cara yang recomended bagi kalian yang mau belajar cat ataupun yang ingin cat motor sesekali. hanya tinggal membeli 1 kaleng dengan harga 40 ribuan kamu bisa mengecat minimal 1 bagian motor seperti spakbor atau velg kamu.

Dipasaran banyak sekali merk pilox yang beredar , gunakan merk merk yang terkenal akan hasil yang bagus untuk menunjang hasil yang bagus juga.

Pages: 1 2

Most Popular

To Top