Tips dan Trik

Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga dengan Aman

Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Cara mengeluarkan semut dari telinga jauh lebih susah dari pada mengeluarkan air yang telah di bahas di artikel sebelumnya. Serangga kecil seperti semut bisa masuk lewat kuping saat seorang sedang tertidur.

Ciri kemasukan serangga adalah muncul rasa tidak nyaman, berdengung dan terasa seperti ada sesuatu bergerak di dalam telinga yang sering kali membuat korban panik.

Beberapa tahun yang lalu ada kasus ada semut bersarang di kepala seorang gadis. Semut ini masuk lewat telinga yang selanjutnya masuk semakin dalam sampai ke otak.

Tak berapa lama akhirnya si gadis malang ini meninggal dunia. Seram kan??? Oleh karena itu segeralah lakukan tindakan untuk mengeluarkan serangga yang masuk telinga.

Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Berikut tips kalau ada semut masuk kuping, siapkan minyak zaitun atau baby oil atau minyak sayur, air hangat .

1. Sebaiknya jangan memasukkan benda seperti cotton bud, pinset, lidi ataupun jari tangan anda ke dalam lubang telinga. Hal ini ditakutkan malah mendorong si serangga masuk lebih dalam (kesalahan yang paling sering dilakukan)

2. Semut dan para serangga kecil biasanya akan berjalan menuju arah cahaya, oleh karena itu miringkan kepala sehingga telinga yang kemasukan semut berada di atas. Arahkan lubang telinga ke lampu/ arah sinar. Bertahan dalam posisi ini sekitar 1 menit, harapannya si serangga mulai berjalan keluar sendiri.

3. Kalau serangga tidak keluar, mintalah tolong kerabat untuk meneteskan minyak zaitun ke dalam lubang telinga (cobalah rileks, lebih baik lagi kalau anda tiduran dengan posisi miring). Setelah minyak masuk, tarik tarik daun telinga agar minyak lebih masuk dan menjebak si serangga. Diamkan sekitar 2 menitan.

4. Setelah terasa tidak ada gerakan serangga di kuping, masukkan beberapa tetes air hangat untuk mengeluarkan serangga dan minyak. Selanjutnya miringkan kuping yang telah diobati ke arah bawah agar semua benda asing tadi bisa keluar.

5. Coba perhatian serangga yang telah keluar tersebut, apakah ada bagian tubuhnya yang tertinggal? Jika ada kaki yang tertinggal masukkan air lagi untuk membersihkan telinga.

Cara mengeluarkan semut dari telinga telah selesai, tidak ada salahnya anda datang ke dokter spesialis THT untuk memastikan apakah telinga anda dalam keadaan aman.

Catatan: Apabila binatang yang masuk berukuran besar maka sesegera mungkin langsung menuju dokter THT, karena tutorial di atas lebih cocok ke serangga kecil seperti semut saja.


Warning: Use of undefined constant before - assumed 'before' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Warning: Use of undefined constant after - assumed 'after' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top