Wanita

Cara Menggunakan TestPack Untuk Mengetahui Kehamilan

“Di zaman yang serba modern ini, setiap wanita yang baru menikah tentu tidak mungkin kebingungan untuk mengetahui apakah dia sudah hamil atau belum.

Soalnya, dengan bantuan dari sebuah alat tes kehamilan home pregnancy atau sering disebut tespek (testpack), wanita bisa mengetahui kehamilannya secara dini.

Bahkan, alat ini bisa dibeli di beberapa tempat seperti apotek, toko-toko dan supermarket yang ada di seluruh Indonesia, dengan harga yang terjangkau.

Sebenarnya ada sih cara mengetahui kehamilan tanpa menggunakan alat testpack, tapi mungkin tingkat keakuratannya tidak maksimal.

Berbeda dengan TestPack, katanya alat ini bisa mendeteksi kehamilan dengan akurasi 99%. Jadi, hasil dari alat tersebut tak mungkin diragukan.

Nah, jika kamu saat ini sedang merasa bingung apakah sedang hamil atau belum, sebaiknya segera gunakan alat testpack untuk mengeceknya. Tapi, jika kamu ingin mengeceknya dengan cara lain, kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

  • Dengan pemeriksaan USG. Dengan cara ini, kamu bisa langsung melihat janin.
  • Dengan tes darah. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan pengujian kadar hCG.
  • Dengan tes urine. Dengan cara ini, hampir sama dengan tes darah, hanya saja kadar hCG akan diuji melalui urine.

Sayangnya, ketiga cara diatas mengharuskan kamu untuk pergi ke tempat pengecekan. Maka dari itu, jika kamu malas untuk bepergian, kamu bisa menggunakan alat yang disebut TestPack. Lebih simpel, tanpa harus pergi ke laboratorium.

Kapan Harus Mulai Menggunakan TestPack ?

Untuk mulai menggunakan alat ini, kamu bisa menggunakannya 2 hari sebelum haid. Atau, 14 hari setelah kamu berhubungan intim saat masa subur.

Sebenarnya bisa sih menggunakan alat ini 7 hari setelah berhubungan intim. Tapi, kadang-kadang hasilnya samar. Tidak pasti.

Pengecekannya sendiri ada yang menyarankan untuk dilakukan di pagi hari, dengan alasan urine yang keluar di pagi hari lebih pekat dan akan memudahkan alat tersebut untuk mendeteksi kadar hCG (hormon kehamilan).  Ada juga yang menyarankan kapan saja sesuai keterangan yang terdapat pada alat tersebut.

Kenapa waktunya berbeda-beda?

Hal itu disesuaikan dengan tingkat kepekaan alat TestPack. Karena memang tiap produk tingkat kepekaannya berbeda-beda.

Satu hal yang harus kamu perhatikan. Yaitu tanggal kadaluarsa alat TestPack. Jika alat tersebut sudah kadaluarsa, tingkat keakuratannya akan berkurang, bahkan sudah tidak akurat lagi dalam mendeteksi kehamilan. Sehingga hasilnya meragukan.

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top