Wanita

Cara Menjadi Ibu yang Baik Bagi Anak

mendengarkan setiap keluhan anak

Siapa yang tidak ingin menjadi ibu yang baik bagi anak anaknya? Setiap wanita pastilah bercita cita menjadi istri sekaligus ibu yang baik dalam rumah tangganya.

Seorang ibu haruslah menjadi panutan bagi anak anaknya agar mereka tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang hebat dan membawa kebanggaan bagi orang tuanya. Namun hal tersebut tidaklah semudah kelihatannya.

Banyak wanita yang sadar betul akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu, namun gagal dalam mempraktikkannya.

Karena itulah, Anda perlu mengetahui hal hal yang harus dilakukan dan hal hal yang perlu dihindari seorang ibu dalam mendidik Anda.

Hal yang Harus Dilakukan Para Ibu

Untuk menjadi ibu yang baik, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

1. Sabar dan Tegar

Seorang ibu harus menjadi contoh yang nyata bagi anak anaknya. Dalam menghadapi segala masalah yang menimpa dalam rumah tangga, hendaknya selalu bersikap sabar dan tegar. Hal tersebut dapat membuat anak meniru kesabaran dan ketegaran Anda.

Kelak, saat menghadapi masalah dalam hidup, anak Anda akan mencontoh sikap sabar dan tegar yang Anda tunjukkan ketika mendidiknya dahulu.

Dengan selalu bersikap sabar dan tegar, Anda sedang berusaha untuk menjadi ibu yang baik sekaligus memberikan contoh yang baik bagi anak Anda.

memberikan-contoh-dan-kasih-sayang-pada-anak

memberikan-contoh-dan-kasih-sayang-pada-anak

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Ciptakan keterbukaan antara Anda dan anak Anda. Tempatkan diri Anda sebagai ibu sekaligus sahabat dengan anak Anda.

Mulailah dengan menanyakan kejadian yang terjadi di sekolah atau lingkungan bermainnya, dan dengarkan setiap cerita yang keluar dari anak Anda.

Dengan menjadi pendengar yang baik, anak Anda akan merasa nyaman menceritakan segala hal yang terjadi dalam kehidupan sehari harinya.

Keterbukaan diantara ibu dan anak dapat mencegah anak melakukan hal hal yang tidak diinginkan seperti terjerat narkoba, pergaulan bebas dan hal hal buruk lainnya.

3. Mengajarkan Kasih Sayang dan Kelembutan

Ayah mengajarkan ketegasan, sedangkan ibu mengajarkan kelembutan dan kasih sayang. Seorang anak yang tumbuh tanpa kasih sayang seorang ibu biasanya mempunyai sifat yang dingin, tidak peka terhadap lingkungan sekitar, kasar, dan tidak menghargai orang lain.

Karena itulah, untuk menjadi ibu yang baik Anda harus memperlakukannya dengan penuh kasih sayang, lemah lembut, namun tidak membuatnya menjadi lemah dan manja.

Ajarkan anak Anda untuk memperlakukan orang lain dengan sopan, ramah, saling menyayangi dan menghargai sesama.

memberikan kasih sayang dan perhatian termasuk menjadi pendengar yang baik bagi anak

memberikan kasih sayang dan perhatian termasuk menjadi pendengar yang baik bagi anak

***

Pages: 1 2

Most Popular

To Top