Tips dan Trik

Cara Menurunkan Berat Badan

cara cara menurunkan berat badan,

anda kelebihan berat badan, berikut tips menurunkannya (gambar dari google)

Menurunkan berat badan memang suatu kegiatan yang tidak sulit dilakukan sebenarnya, namun kurangnya disiplin lah yang membuat sulitnya kegiatan untuk menurunkan badan tersebut. Banyak orang berhenti, menyerah dan kapok untuk meraih impian mereka mengenai berat badan yang ideal yang mereka inginkan akibat sulitnya cara – cara yang mereka tempuh.

Sebenarnya berat badan yang idel itu selain memiliki tubuh yang diharapkan ada lagi bonus tambahan lainnya yang didapat selain turunnya berat badan. Contohnya : lancarnya pencernaan, gaya hidup yang sehat, terhindar dari penyakit yang mayoritas menyerang orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Berikut ini cara menurunkan berat badan cepat :

  1. Konsumsi sayur dan buah

Dalam program penurunan berat badan, serat adalah komponen yang harus kita dapatkan untuk tubuh kita karena membantu proses pencernaan dengan cara melancarkan pembuangan air besar.

Nah tentu saja Buah dan Sayur lah sumber untuk serat kita, mengkonsumsi buah dan sayur tentu akan membuat kita cukup akan serat. Manfaat lainnya adalah buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin dan mineral serta rendah akan kalori.

mengkonsumsi buah buahan dan mengganti nasi dengan kentang membantu mengurangi berat badan

mengkonsumsi sayur, buah, dan air mineral serta mengganti nasi dengan kentang membantu mengurangi berat badan

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Manfaat air putih yaitu melarutkan makanan yang kita makan sehingga akan mudah dicerna, biasakan untuk minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari, konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengurangi nafsu makan.

  1. Ganti Nasi dengan Kentang

Kentang rebus memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi. Kentang rebus juga digunakan sebagai pengganti nasi dalam program diet di kebanyakan orang, karena dikenal dengan kandungan karbohidratnya lebih rendah dibanding nasi. Gantilah nasi dengan kentang rebus, terutama jika Anda juga memiliki penyakit diabetes.

  1. Kurangi Makanan yang digoreng

Penggunaan minyak dalam proses masak dengan cara digoreng memiliki kandungan kalori yang tinggi. Banyak minyak yang masih ikut serta ke dalam makanan yang kita goreng tersebut yang juga menyebabkan semakin tingginya kalori yang terkandung di dalamnya.

  1. Hindari Minyak Goreng yang Berkalori Tinggi

Gunakan minyak goreng yang tidak mengandung lemak tak jenuh sehingga cenderung menyehatkan, seperti contohnya minyak salad, minyak jagung, dan minyak canola.

  1. Kurangi Membeli Makanan di luar

Bila Anda memiliki waktu luang, sempatkanlah untuk memasak makanan Anda sendiri karena dengan begitu Anda dapat mengatur kalori yang ada pada makanan tersebut, Selain itu Anda juga bisa memilih cara pengolahan makanan yang lebih baik, seperti direbus misalnya. Makanan yang dimasak sendiri cenderung lebih sehat.

  1. Makanlah dengan Tidak Tergesa – gesa

Kunyahlah makanan Anda dengan perlahan dan agak lama sampai makanan benar – benar halus, hal tersebut dapat membantu meringankan kinerja lambung dan usus sehingga dapat mengurangi resiko gangguan pencernaan. Makan dengan tidak tergesa – gesa atau perlahan mencegah timbulnya keinginan untuk menambah porsi makan.

  1. Makanlah Dengan Porsi Kecil

Makan bukanlah kegiatan yang hanya menghilangkan rasa lapar saja, tapi lebih cenderung ke menggantikan kalori yang terbuang setelah kita gunakan. Makanlah dengan porsi kecil walaupun berkali – kali sehingga kalori yang kita butuhkan tidak berlebihan.

  1. Pola Waktu Makan yang Tepat

Berusahalah untuk makan tepat waktu, terutama makan pagi. Makan yang tidak tepat waktu membuat porsi makan menjadi lebih besar di waktu berikutnya. Ingat, makanlah paling malam jam 7 malam.

  • Hitung dan Catat jumlah Asupan Kalori

Dengan tetap menghitung kalori yang dikonsumsi, maka dengan mudah Anda bisa meng-kontrol asupan kalori. Hal ini juga bisa mencegah Anda mengkonsumsi asupan kalori yang berlebihan. Rekaman jejak ini sebagai catatan kepatuhan terhadap program menurunkan berat badan ini.

Anda bisa mengatur bila hari kemarin Anda tidak bisa menahan asupan berlebih maka asupan kalori berikutnya harus bisa diseimbangkan.

  1. Olahraga

Selain bisa membakar lemak, olahraga yang teratur juga bisa dapat mengencangkan kulit Anda. Suatu Program Diet ( Menurunkan Berat Badan ) tanpa olahraga akan menimbulkan selulit dan otot menjadi lembek. Pilihlah olahraga yang menyenangkan dan ringan namun mampu membakar banyak kalori seperti berenang, jogging dan senam aerobik.

  1. Tentukan Target Berat Badan yang Ideal

Tentukan berat badan ideal yang Anda inginkan. Kemudian, tulislah angka berat badan itu dan tempatkan di banyak area rumah Anda. Dengan begitu, Anda akan selalu mengingat dan bersemangat untuk mencapai berat badan ideal tersebut.

Most Popular

To Top