Cara Merawat Rambut Berwarna

merawat-rambut-berwarna
merawat-rambut-berwarna
merawat-rambut-berwarna

Rambut yang sudah mengalami proses kimia seperti diwarnai, tentunya lebih rentan mengalami masalah rambut seperti mudah rontok maupun rambut kering.

Untuk itulah, diperlukan cara yang tepat untuk merawat rambut berwarna agar tetap bagus dan warnanya tahan lama.

Jika anda termasuk orang yang suka mengganti warna rambut, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat rambut berwarna agar tetap sehat.

1. Shampo khusus

Jika rambut anda diwarnai, maka pastikan anda memilih shampoo yang dibuat khusus untuk perawatan rambut berwarna yang mampu menutrisi rambut.

Pasalnya salah memilih shampoo akan mengurangi pigmen rambut yang diwarnai sehingga warna rambut akan dengan mudah memudar.

Tidak hanya itu saja, anda tidak disarankan untuk tidak menggunakan shampoo anti ketombe karena kandungan zat kimia yang terdapat di dalamnya keras dan akan memicu rambut menjadi kering dan kusam.

2. Kondisioner

Rambut yang normal saja memerlukan kondisioner, apalagi rambut ayang diwarnai. Rambut yang terkena bahan kimia tentunya akan lebih mudah mengalami masalah seperti rambut kusam, kering serta rontok.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda perlu memakai kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembab dan sehat. Pastikan anda memakai kondisioner setelah habis keramas.

Aplikasikanlah pada bagian rambut, jangan sampai mengenai kulit kepala karena akan memicu timbulnya jamur seperti ketombe di kulit kepala.

3. Kurangi penggunaaan alat penata rambut

Rambut berwarna tentunya akan lebih sensitif disbanding rambut yang tidak diwarnai. Untuk itulah sebaiknya mulai sekarang kurangilah penggunaan alat penata rambut seperti hair dryer ataupun catokan.

Pasalnya alat-alat tersebut akan menurunkan kadar protein pada rambut sehingga memicu rambut menjadi kering.

Tidak hanya itu saja, penggunaan alat penata rambut tersebut juga akan menurunkan pigmen warana pada kulit sehingga rambut tampak kusam.

Jika terpaksa memakai alat penata rambut, sebaiknya gunakan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu saja.

4. Beri nutrisi

Nutrisi adalah hal penting untuk menjaga rambut berwarna agar tetap sehat. Setelah mandi dan keramas, sebaiknya selalu gunakan serum atau vitamin rambut.

Penggunaan terbaik serum adalah ketika rambut dalam keadaan setengah kering karena akan mudah diserap oleh akar rambut.

Anda juga bisa menggunakan masker rambut sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu untuk melindungi warna dan menjaga kelembaban rambut.

5. Keramas dengan air dingin

Apakah anda seringkali mandi dan keramas dengna air panas? Jika iya, maka sebaiknya mulai kurangilah karena akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut.

Keramas menggunakan air panas akan mengurangi kelembaban serta memperlebar kutikula rambut yang memicu rambut menjadi mudah rusak. Tidak hanya itu, air panas juga dapat memudarkan warna rambut sehingga rambut tampak kusam.

6. Hindari Sinar Matahari Langsung

Tahukah anda bahwa sinar matahari secara langsung akan memicu kerusakan pada rambut, seperti kusamnya warna rambut serta rambut berubah menjadi rapuh.

Untuk itulah, sebisa mungkin hindari rambut anda dari paparan sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan payung atau topi ditambah dengan vitamin rambut ketika berada di luar rumah.

Sumber