Hobi

Cara Mudah Beternak Burung Kenari untuk Peternak Pemula

Cara Mudah Beternak Burung Kenari untuk Peternak Pemula

Berbicara tentang burung, siapa sih kicau mania yang tidak mengenal burung kecil ini? Dengan posturnya yang kecil, burung ini juga termasuk jenis burung kicauan yang banyak di minati untuk di pelihara maupun di jadikan untuk ajang perlombaan kicau burung karena mempunyai ciri khas suara ocehan yang merdu. Ya, burung kenari.

Saat ini burung kenari memang menjadi primadona baru. Tak heran jika harganya yang cenderung mahal dan stabil, membuat para peternak semakin bersemangat untuk membudidayakannya. tak mau kalah, para pemula pun banyak yang mulai melirik bisnis ini.

Banyak faktor-faktor yang perlu anda ketahui sebelum anda memulai usaha membudidayakan burung kenari, meskipun burung ini termasuk spesies yang mudah untuk dikembangbiakan namun anda jangan salah melangkah dalam menjodohkan burung kenari.

Karena meskipun burung kenari mudah untuk dikembangbiakan ternyata masih banyak kasus kegagalan yang sering di temui para pembiak dalam proses penjodohan burung kenari. Maka, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan tipsnya.

Cara budidaya burung kenari yang benar

Bedakan jenis kelamin burung

Membedakan dan mengetahui jenis kelamin burung adalah hal yang sangat penting bagi anda yang ingin beternak. Agar nantinya tidak salah dalam mengawinkan burung kenari. Cara membedakan kelamin burung adalah sebagai berikut.

Jantan :

  • Bentuk dubur atau kloaka menonjol, tegak lurus ( vertikal )
  • Sering berbunyi / ngerol nyaring
  • Bentuk tubuh cenderung lebih ramping dan memanjang

Betina :

  • Kloaka/dubur berbentuk datar
  • Berbunyi tapi tidak nyaring dan tidak ngerol, berbunyi sekedarnya dan putus-putus
  • Bentuk tubuh cenderung agak bulat dan leher pendek

Setelah anda mengetahui jenis kelamin kenari yang akan di kembangbiakkan, selanjutnya anda harus tahu kapan usia kenari untuk siap di kawinkan, ini merupakan hal penting karena menentukan sukses tidaknya perkembangbiakan kenari nantinya. Berikut cara mengetahui usia kenari yang siap kawin :

  • Kenari jantan yang siap di ternak ideal berusia 8 bulan, sedangkan betina 6 bulan.
  • Untuk kenari postur besar seperti yorkhire idealnya usia 10 bulan atau lebih.

Tips : Kenari yang akan dikawinkan untuk ternak, pastikan dalam kondisi birahi, karena beberapa kasus terjadi, kenari yang sudah cukup umur, sedang tidak birahi, ini akan menyulitkan penjodohan.

Ciri-ciri kenari birahi adalah sering berkicau atau gacor, sering gelisah dengan melompat-lompat sambil berbunyi, kadang menabrakan tubuh ke jeruji kandang.

Untuk kenari jantan lebih sering berbunyi nyaring dengan gaya posisi badan menurunkan sayap setengah badan sambil bertengger di atas tangkringan.

Untuk kenari betina akan lebih sering berbunyi “Ciut” kode untuk memanggil kenari jantan, dan merobek kertas atau daun yang ada di sangkar.

Setelah sepasang kenari yang birahi sudah siap, saatnya anda menyiapkan sangkar dan penunjang lainnya di dalam sangkar.

Pilihlah sagkar box khusus ternak, pilihan lain kedua anda bisa menggunakan sangkar yang tengahnya terdapat sekat sehingga memudahkan pada saat penjodohan.

Untuk kenari jantan, piliha sangkar gantung yang agak besar seperti sangkar kos-kosan, lalu letakkan sangkar tersebut di tempat yang tenang.

Pada saat ternak sudah berjalan, kebutuhan makanan juga sangat penting bagi kelangsungan ternak, kenari makan biji-bijian seperti canary seed, biji sawi, millet.

Selain biji-bijian kenari juga makan sayuran dan buah seperti sawi hijau , sawi putih, mentimun dan buah apel. Jangan lupa air minum juga harus selalu tersedia dalam sangkar. Bila perlu tambahkan multivitamin khusus.

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top