Facebook Depak Microsoft dan Berpaling ke Layanan Peta Nokia Here

Aplikasi peta Nokia yang bernama Here saat ini memang sedang dilirik banyak perusahaan teknologi besar. Namun, diam-diam Facebook ternyata sudah mengintegrasikannya dalam jejaring sosialnya itu.

facebook-nokia_20150505_152404
facebook-nokia_20150505_152404

Seperti dikutip dari Tech Crunch, Senin (4/5/2015), Facebook dikabarkan telah menandatangani kerja sama dengan Here Map untuk Facebook versi mobile, berikut aplikasi pesan instan Facebook Messenger dan aplikasi foto Instagram di Android.

“Kami menguji peta Nokie Here di Facebook untuk memberikan kami kontrol dan fleksibilitas lebih banyak dalam memberikan pengalaman peta yang konsisten,” demikian tulis pernyataan resmi Facebook.

Juru bicara Facebook juga mengonfirmasinya dengan berkata, “Saya mengonfirmasi bahwa kami (Facebook) sedang menguji peta Here dalam versi Android dan beberapa aplikasi seperti Instagram dan Messenger juga.”

Sementara juru bicara Here mengatakan pihaknya senang peta buatannya bisa digunakan oleh pengguna Facebook. Sebelumnya, seperti diketahui, Facebook menggunakan layanan peta milik Microsoft, yaitu Bing dalam jejaring sosialnya itu.

Aplikasi peta Here buatan Nokia sendiri saat ini menarik perhatian perusahaan-perusahaan TI besar. Mereka ingin mengintegrasikannya dengan layanan milik mereka sendiri.

Selain Facebook, beberapa perusahaan besar yang diketahui bemrinat membeli Nokia Here antara lain Apple, Samsung, Uber, Baidu, Alibaba, dan Yahoo.

Nokia sendiri berkeinginan akan menjual unit bisnis peta-nya itu dengan nilai sekitar 2 miliar dollar AS. Harganya bisa naik lagi mengingat data yang dimiliki Nokia sangat penting.

Dengan menjual unit pemetaannya, Nokia ingin berkonsentrasi ke bisnis layanan jaringan dan mobile-nya.

Sumber