Ingin Menjadi Ibu yang Baik? Ubah Kebiasaan-Kebiasaan Ini

Ingin-Jadi-Ibu-yang-Baik-Ubah-Kebiasaan-Kebiasaan-Ini
Ingin-Jadi-Ibu-yang-Baik-Ubah-Kebiasaan-Kebiasaan-Ini
Ingin-Jadi-Ibu-yang-Baik-Ubah-Kebiasaan-Kebiasaan-Ini

Sebagian besar dari Anda pasti ingin menikah lalu memiliki anak. Di lain sisi, memang menjadi ibu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan diri mulai sekarang. Mungkin saat ini Anda belum memiliki pasangan untuk ke tahap yang serius. Bisa juga, Anda belum berencana menikah dalam waktu dekat.

Akan tetapi hal ini tidak boleh menjadi alasan untuk menolak bersiap-siap. Nah, di bawah ini ada beberapa kebiasaan yang harus Anda terapkan dari sekarang agar bisa lebih siap menjadi ibu di masa mendatang:

1. Sabar

Perbedaan yang mendasar dari ibu muda dan ibu senior terletah pada kontrol emosinya. Karena masih baru, biasanya ibu muda kerap tak sabar menghadapi tingkah anaknya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai dari sekarang Anda belajar melatih kesabaran. Menjadi seorang ibu itu artinya Anda perlu bersabar lebih ekstra dengan segala tingkah laku anak Anda.

2. Mulailah untuk tidak jijik pada hal kotor

Alangkah baiknya mulai sekarang Anda berlatih untuk tidak mudah jijik pada hal-hal kotor.

Hal ini lantaran saat Anda sudah memiliki bayi, maka Anda akan sering membersihkan kotorannya dan bekas muntah karena minum air susu.

3. Memperhatikan asupan makanan

Anda harus mulai memperhatikan asupan makanan Anda. Pasalnya, pada saatnya nanti Anda memiliki bayi, maka Anda harus memperhatikan asupan makanan.

Anda tentunya tidak bisa menjaga bayi jika tidak memilih makanan yang tepat. Hindarilah mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

4. Biasakan untuk rutin mencuci tangan

Anda harus selalu memperhatikan kebersihan tubuh, terutama bagian tangan. Setiap kegiatan yang Anda lakukan pasti tak lantas terhindar dari kotoran dan debu. Karenanya, Anda harus selalu memperhatikan kebersihan tangan.

5. Periksa selalu kondisi kesehatan

Kamu tidak perlu takut untuk mulai memeriksa kesehatan Anda. Jika Anda terinfeksi virus tertentu, maka Anda akan langsung mendapatkan pertolongan intensif demi meminimalisir resiko penularan pada keturunan Anda.

6. Mulai bersikap taktis, anti-perfeksionis dan fleksibel

Saat Anda sudah menjadi ibu muda, Anda tentunya harus siap mengerjakan tugas yang bukan hanya untuk kepentingan Anda saja.

Tidak jarang, pada saat bersamaan Anda akan dihadapkan dengan anak yang minta dibuatkan susu, suami minta dibuatkan makanan dan lain sebagainya.

Jadi mulai sekarang, berhenti bersikap perfeksionis. Belajarlah untuk bersikap taktis dan strategis dalam mengerjakan banyak hal.

7. Hentikan kebiasaan memotong pembicaraan orang, karena menjadi seorang ibu menuntut Anda untuk banyak mendengarkan

Menjadi seorang ibu artinya Anda siap mendengarkan ocehan anak-anak Anda. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi teman-teman Anda.

Hentikanlah kebiasaan memotong pembicaraan orang lain. Menjadi seorang ibu memang menjadi hal yang paling diidam-idamkan oleh perempuan.

Akan tetapi tidak lantas semuanya dapat berjalan sesuai seperti apa yang kita bayangkan. Anda tentu harus melakukan usaha yang ekstra.

Sumber