Wanita

Jenis-jenis makanan ini dapat melancarkan dan menyuburkan ASI

air-susu-ibu

Pernahkah Anda merasa depresi karena ASI tidak lancar keluar? Tenang, Anda tidak sendiri. Banyak orangtua terpaksa memberikan susu formula kepada bayi mereka, dan salah satu alasannya adalah karena ASI sang ibu sudah tidak berproduksi lagi.

air-susu-ibu

air-susu-ibu

Apa sebenarnya yang meyebabkan seorang ibu tidak mampu lagi memproduksi ASI? Dijelaskan dalam jurnal kesehatan dokterid.com, ada empat permasalahan utama pada ibu yang bisa menjadi penyebab:

  • Gizi buruk
  • Penyakit tertentu
  • Stres berkepanjangan
  • Konsumsi obat-obatan selama kehamilan

Bayi yang baru dilahirkan membutuhkan ASI dari ibunya. Ketika ibu tidak mampu lagi memproduksi ASI, harus dicarikan solusinya. Segera periksakan diri ke dokter dan cobalah mengonsumsi makanan sehat selama periode menyusui.

Mengutip laman bidanku.com. Berikut ini ada beberapa daftar asupan makanan yang dianjurkan yang dapat melancarkan sekaligus menyuburkan produksi ASI Anda.

1. Air putih

Sekitar 80% kandungan ASI adalah air. Konsumsi air yang cukup tidak hanya membuat ibu terhindar dari dehidrasi, tapi juga melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Zat-zat penting sebagai pembentuk ASI diserap oleh tubuh dengan maksimal.

2. Daun katuk

Orang tua sering menggunakan daun katuk sebagai terapi untuk memperlancar ASI dan kini rahasia tersebut terbongkar oleh teknologi moderen. Daun katuk mengandung senyawa yang bernama laktagagum yang mampu memengaruhi tubuh untuk memproduksi ASI. Kandungan steroid dan polifenol-nya juga mampu meningkatkan kadar prolaktin yang baik bagi kesehatan.

3. Oatmeal

Mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menormalkan tekanan darah. Seratnya juga mampu memperlancar sistem pencernaan dan membuat tubuh rileks.

4. Bunga pepaya

Bunga pepaya yang berwarna kuning pucat kaya akan vitamin C, vitamin A, fosfor dan kalsium. Enzim papain di dalamnya dipercaya mampu mempercepat proses pencernaan protein di dalam usus.

5. Sayuran hijau

Salah satu jenis sayuran hijau yang sering dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memperlancar produksi ASI adalah bayam karena mengandung vitamin B6, protein, thiamin, kalsium, dan zat besi. Bayam juga mengandung asam folat yang merupakan salah satu zat penting pembentuk ASI.

6. Kedelai

Kedelai kaya akan protein nabati, vitamin K, mangan, asam folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, fosfor, magnesium, dan kalium. Jika Anda alergi terhadap laktosa susu sapi, Anda dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai.

7. Kacang-kacangan

Umumnya semua jenis kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan laktasi karena kaya akan vitamin, protein dan mineral. Namun, tetap dibatasi agar kandungan kolesterol di dalam tubuh tetap terjaga.

8. Buah-buahan

Buah-buahan tidak secara langsung memengaruhi produksi ASI, tapi kandungan vitamin dan mineralnya mampu menjaga kesehatan ibu sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Pada dasarnya, ASI yang tidak keluar menunjukkan ada yang tidak beres dengan sistem metabolisme pada tubuh ibu. Jadi, meskipun Anda merasa sehat, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri. Ingat, buah hati Anda terus tumbuh dan membutuhkan asupan gizi yang cukup bagi kesehatannya. Karena itu, jangan tunda-tunda lagi jika Anda menemui kejanggalan-kejanggalan yang tidak semestinya.

Sumber

Most Popular

To Top