Bisnis

Kenali Resiko Sebelum Bermain Saham | Jakarta Stock Exchange Index

Kenali Resiko Sebelum Bermain Saham

Saham adalah bentuk kepemilikan dari suatu perusahaan. Jika saham ditanam di perusahaan maju dan berkembang maka Anda akan mendapatkan pendapatan yang lebih besar namun jika perusahaan tersebut mengalami kemunduran, maka Anda juga akan mendapatkan kerugian.

Saham dapat dibeli di pasar saham seperti di Jakarta Stock Exchange Index yang saat ini sudah bergabung dengan Surabaya Stock Exchange menjadi Bursa Efek Indonesia atau BEI.

Namun, sebelum Anda membeli saham di stock Exchange Jakarta, terdapat beberapa resiko yang harus Anda hadapi karena keadaan perusahaan yang terkadang tidak menentu sehingga dapat mempengaruhi investasi yang Anda lakukan.

Pertama adalah resiko negara yang berkaitan dengan keadaan ekonomi dari negara tersebut sehingga berkaitan dengan keamanan dan kepastian yang dapat mempengaruhi keuntungan yang akan Anda peroleh.

Jenis resiko lainnya yang harus Anda hadapi saat Anda bermain saham yaitu:

  • Resiko nilai tukar yang berkaitan dengan nilai tukar mata uang asing yang dapat berubah sewaktu-waktu. Jika penurunan nilai mata uang asing secara drastis tentunya akan membuat perusahaan tersebut turun dan dapat bangkrut karena hutang yang membengkak.
  • Resiko bisnis terkait masalah bisnis seperti karena bahan baku, produksi, permintaan, pengiriman, dsb.
  • Resiko keuangan. Jika perusahaan tersebut meminjam ke bank dan keuntungan dari perusahaan hanya dapat digunakan untuk membayar hutang, maka perusahaan tersebut tidak dapat berkembang dan bangkrut sehingga sebagai investor, Anda juga akan menanggung rugi.
  • Resiko pasar yang berkaitan dengan pergerakan saham atau indeks pasar saham.
  • Resiko likuiditas yang menyebabkan Anda tidak dapat menjual saham di harganya terbarunya saat sedang dibutuhkan.

Selain itu, resiko emosi, karena Anda tidak hanya harus memperkirakan namun juga meneliti saham mana yang bagus untuk dibeli. Investasi saham adalah investasi paling beresiko sehingga Anda harus mempersiapkan mental jika sewaktu-waktu saham tidak dalam kondisi yang bagus.

Untuk melihat keadaan di pasar saham seperti di Jakarta Stock Exchange Index, silahkan kunjungi IDN Financials yang selalu memberikan informasi terbaru dan akurat seputar pasar modal yang terjadi di Indonesia sehingga Anda dapat yakin untuk melakukan transaksi investasi saham!

(**SHARINGDISINI.COM)


Warning: Use of undefined constant before - assumed 'before' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Warning: Use of undefined constant after - assumed 'after' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top