Kesalahan Pengusaha dalam Membangun Bisnis

kesalahan-dalam-bisnis
kesalahan-dalam-bisnis
kesalahan-dalam-bisnis

Menjadi pengusaha yang sukses tentu jadi impian setiap orang. Akan tetapi untuk mencapai pada titik tersebut tidaklah mudah, karena banyak kegagalan yang disebabkan oleh kesalahan yang mereka lakukan dalam membangun bisnis. Berikut 5 kesalahan pengusaha dalam membangun bisnis.

1. Investasi tanpa validasi

Investasi menjadi modal anda untuk membangun bisnis, tidak ada bisnis yang bisa berjalan tanpa investasi.

Kesalahan pola pikir para pengusaha yang sering terjadi yaitu beranggapan bahwa semakin besar investasi semakin cepat balik modal dan semakin besar pula laba yang di dapatkan.

Padahal dalam kenyataannya banyak pengusaha besar yang bangkrut karena berinvestasi tanpa validasi.

Sebaiknya sebelum anda berinvestasi besar-besaran anda bisa berkonsultasi dengan para analis ahli, atau orang yang sudah berpengalaman tentang bisnis.

Cari tahu tentang potensi bisnis anda, kelebihan dan kekurangan, serta prospek bisnis anda ke depan.

2. Kegagalan berinteraksi dengan perusahaan lain

Dalam membangun bisnis, anda membutuhkan kerjasama dengan perusahaan lain untuk memasok kebutuhan bagi bisnis anda.

Oleh karena itu, anda harus membangun interaksi yang baik dengan perusahaan lain. Kunci keberhasilan dalam membangun kerjasama yaitu harus di dasari dengan kejujuran.

Jangan menipu perusahaan mitra dalam bentuk apapun karena itu akan merugikan bisnis anda sendiri. Buatlah perjanjian kerjasama yang terperinci agar kerjasama anda dapat berkesinambungan dan saling menguntungkan.

3. Merusak kepercayaan investor

Untuk mengembangkan bisnis, anda bisa menarik investor untuk menanam modal bagi usaha anda.

Tapi jangan terlena dalam membelanjakan modal yang diberikan investor, karena modal tersebut akan anda pertanggungjawabkan pada mereka.

Anda dapat merusak kepercayaan investor apabila anda kurang cermat dalam memperhitungkan pengembangan bisnis sehingga balik modal lambat atau justru malah merugi.

Cara membuat investor percaya dengan usaha anda yaitu dengan memberikan mereka return of investment dengan cepat.

4. Kurang mampu merangkul karyawan

Karyawan memegang peran penting bagi keberhasilan bisnis anda. Merekalah ujung tombak bagi kelancaran bisnis anda, mereka yang memproduksi dan mereka yang memasarkan.

Jangan menganggap rendah peran karyawan anda harus mampu merangkul mereka agar mereka merasa nyaman bekerja dengan anda.

Cara untuk merangkul karyawan yaitu dengan menempatkan mereka sesuai dengan keahlian masing-masing, dan memberikan kesejahteraan bagi mereka.memberikan kesejahteraan tidak harus dalam bentuk gaji yang besar, tapi gaji yang memanusiakan.

Selain itu anda juga bisa memberikan asuransi bagi mereka, dengan begitu mereka akan merasa dihargai oleh perusahaan dengan begitu akan muncul semangat kerja yang baik.

5. Mengekspose semua detail perusahaan

Mengekspose perusahaan bisa jadi strategi bisnis yang cukup menarik, tapi mengekspose yang berlebihan justru akan menjadi boomerang bagi bisnis anda.

Setiap perusahaan harus punya rahasia yang tidak seharusnya untuk diungkap secara umum, misalnya laba atau kerugian perusahaan, asset perusahaan, teknik menjaga kualitas produk, dan lain sebagainya.

Meski begitu anda jangan takut untuk mengekspose perusahaan anda karena dengan begitu bisnis anda akan semakin dikenal.

Hal yang perlu anda ekspose terkait perusahaan anda misalnya visi, profil perusahaan, keunggulan, dan hal-hal menarik lainnya sehingga akan menumbuhkan kepercayaan publik.

**

Demikianlah 5 kesalahan pengusaha dalam membangun bisnis. Belajarlah dari kesalahan orang lain, karena tidak semua kesalahan membuat anda semakin produktif.

Sumber