Makanan Pembersih Nikotin Dalam Tubuh

makanan-yang-membersihkan-nikotin-dalam-tubuh
makanan-yang-membersihkan-nikotin-dalam-tubuh
makanan-yang-membersihkan-nikotin-dalam-tubuh

Untuk mereka yang gemar merokok, baik itu perokok aktif dan pasif, pasti sudah mengetahui bahwa merokok merupakan satu kegiatan yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Walaupun kita menyadari dampak negatif tersebut, namun kebiasaan buruk ini sulit untuk dihilangkan.

Nikotin merupakan sejenis zat adiktif yang sering ditemukan pada sebatang rokok, dimana zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Nikotin menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah secara mendadak dan merusak paru – paru.

Bahkan untuk beberapa orang yang sudah bisa menghentikan kebiasaan buruk ini, efek negatif nikotin tetap terasa hingga bertahun – tahun lamanya.

Jika diketahui nikotin sudah bersarang di dalam tubuh, semua akan berdampak buruk yaitu membuat Anda terus ketagihan untuk mendapatkan asupan nikotin lebih atau menjadi ketergantungan terhadap zat tersebut.

Langkah awal pencegahan kebiasaan buruk ini adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki multi fungsi dalam membersihkan zat berbahaya nikotin di dalam tubuh kita, yaitu sebagai berikut :

1. Brokoli

Merupakan sayuran hijau yang kaya akan sumber vitamin C dan B5. Sayuran ini berfungsi baik untuk mengurangi hasrat Anda dalam merokok sehingga otomatis bisa mengurangi zat nikotin berbahaya dari tubuh Anda.

Jadi, yang rutin makan sayur brokoli baik itu dalam keadaan mentah dan segar seperti salad atau dibuat jus.

2. Jeruk

Jus jeruk merupakan makanan kaya akan sumber vitamin C. Anda bisa mendapatkan metabolisme tubuh Anda sehat dan mengurangi tingkat stres tinggi dengan rutin minum jus jeruk (dari buah segar atau pun jus siap pakai yang banyak ada di supermarket) secara teratur minimal satu kali dalam sehari.

3. Jus wortel

Perbandingan jika Anda merokok meskipun sekali saja dalam sehari, akan membuat zat nikotin tumbuh subur di dalam tubuh paling tidak selama 3 hari.

Jika Anda seorang perokok berat, nikotin bisa jadi penyebab rusaknya kulit Anda dan membuat wajah terlihat kusam.

Minum secara rutin jus wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, C dan K, atau B dapat membantu Anda menghilangkan sekaligus membersihkan zat nikotin dari sistem peredaran darah dalam tubuh.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau pekat mempunyai fungsi terbaik dan kaya akan vitamin, juga asam folat.

Terutama untuk ibu – ibu yang sedang hamil tetapi mempunyai kebiasaan buruk merokok, jangan khawatir tentang penumpukan jumlah zat nikotin di dalam tubuh, dari sekarang mulailah mengkonsumsi sayur bayam baik itu untuk lalapan, sayur biasa, dan jus sayur bayam.

5. Buah Delima

Buah delima terutama yang berwarna merah sangat bagus dalam hal meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan jumlah sel – sel darah sehat dalam tubuh kita.

Supaya Anda bisa mengurangi dorongan/nafsu dalam ketagihan nikotin, makanlah dengan rajin beberapa buah delima, atau dibuat jus.

Bisa juga Anda membeli jus buah delima yang siap diminum, banyak terdapat di supermarket.

6. Kiwi

Buah ini berfungsi bagus dalam membuang zat nikotin dari dalam tubuh Anda. Buah kiwi merupakan sumber yang kaya akan kandungan vitamin A, C dan E.

Saat Anda merokok apalagi terlalu sering, asupan vitamin yang cukup sangat penting sebagai penangkal zat nikotin buruk yang terdapat dalam tubuh kita. Buah kiwi dapat dimakan segar, diolah menjadi aneka minuman lezat seperti jus atau es buah.

7. Buah Berry

Berry hampir sama dengan buah stroberi dimana sangat bagus membantu membuang zat nikotin beracun dan berbahaya lainnya yang menyangkut di tubuh.

8. Air Putih

Merokok dapat menyebabkan dehidrasi. Menurut beberapa penelitian kesehatan, Anda bisa berhenti merokok dan mengurangi zat nikotin di dalam tubuh Anda dengan yang rajin dan banyak minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

**

Nah, merupakan sebuah kabar baik untuk Anda yang sudah dengan pasti memutuskan berhenti total dari merokok.

Anda dapat membuang seluruh zat nikotin dari dalam tubuh Anda hingga batas – batas tertentu dengan memperhatikan tips – tips tersebut di atas yaitu makan makanan sehat sehingga bisa mengubah gaya hidup Anda menjadi sehat.

Sumber