Kesehatan

Makanan Sehat untuk Bayi, Bolehkah Pakai Gula dan Garam ?

Makanan Sehat untuk Bayi

Membuat makanan untuk buah hati anda yang masih bayi atau balita memang tidak mudah. Diperlukan kehatian-hatian dalam jenis dan takarannya.

Lalu bagaimana tentang rasanya, bolehkah menambahkan gula dan garam pada makanan sehat untuk bayi? Menurut penelitian, menambahkan gula dan garam tidak perlu dilakukan.

Untuk garam malah sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi anda. Konsumsi garam pada bayi yang masih berusia di bawah satu tahun dapat membuat tekanan darah bayi anda meningkat.

Hal ini disebabkan kondisi tubuh bayi masih sensitif terhadap konsumsi garam. Anda tidak perlu khawatir kebutuhan bayi atau anak anda tidak terpenuhi karena pada dasarnya kebutuhan anak anda akan garam secara alami telah terpenuhi dari mengkonsumsi ASI, sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

Sama halnya dengan garam, pemberian gula pada makanan sehat untuk bayi tidak terlalu dianjurkan. Hal ini mengingat gula memiliki resiko menyebabkan diabetes dan obesitas.

Jadi haruskah kita memberikan makanan hambar pada bayi? Pendapat tersebut sebenarnya kurang tepat, makanan yang menurut anda terasa hambar tidak berarti hambar juga bagi bayi anda dan bisa jadi bayi atau anak anda menyukainya.

Ini dikarenakan lidah kita telah terbiasa pada makanan dengan rasa asin dan manis yang kuat. Sebenarnya indera langit-langit dan indera pengecap pada mulu belum berkembang sempurna sehingga belum sensitif terhadap rasa asin atau manis. Ginjal pada bayi juga tidak bisa memproses kadar kadar garam tinggi karena masih lemah.

Jadi, pada usia berapakah anak diperkenalkan pada garam? Untuk bayi berusia 6-12 bukan sebaiknya tidak lebih dari 1 gr dengan kadar natrium sebesar 0,4 gr.

Kebutuhan garam telah terpenuhi dari ASI dan makanan pendampingnya. Pada usia 1-3 tahun, anda boleh menambahkan garam dapur sekitar seperempat sendok teh setiap harinnya.

Untuk konsumsi gula juga sebaiknya dibiasakan sejak usia dini agar tidak berlebihan. Buatlah sendiri makanan sehat untuk bayi anda. Apabila perlu menambahkan gula, pilihlah yang memiliki indeks glikemik rendah serta rendah kalori.

(**SHARINGDISINI.COM)

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top