Makanan Wanita Hamil Yang Menyehatkan

makanan wanita hamil yang menyehatkan
makanan wanita hamil yang menyehatkan
makanan wanita hamil yang menyehatkan

Setiap wanita hamil tentu harus selalu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam perutnya. Hal ini jelas saja untuk menghindari bayi dari keracunan.

Ada banyak hal yang harus Anda pelajari saat Anda sedang hamil. Anda pun juga harus benar-benar memperhatikan apa saja asupan makanan Anda. Apakah baik mengkonsumsi ikan atau apakah makanan berupa daging tidak diperbolehkan?

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk mengetahui apa saja yang boleh Anda makan demi kesehatan Anda dan janin Anda. Nah, di bawah ini ada beberapa makanan wanita hamil yang baik untuk dikonsumsi.

1. Telur

Seorang ahli gizi, Elizabeth Ward, mengatakan bahwa telur adalah makanan yang baik, didalamnya satu telur saja terdapat banyak manfaat dan itu hanyalah sekitar 90 kalori.

Selain mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur diketahui juga mengandung protein-protein yang berkualitas yang baik untuk kehamilan.

Saat Anda hamil inilah, protein ini sangat diperlukan. Telur juga memiliki kandungan kolin yang tinggi dan secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan bayi serta kesehatan otaknya, sekaligus juga mencegah cacat tabung saraf.

Meskipun telur dicap buruk karena dianggap memicu kolesterol, tapi menurut Ward malah makanan yang mengandung lemak jenuh lebih bisa memicu kolesterol, dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol yang ditemukan secara alami di dalam makanan.

Telur memang diketahui kaya akan kolesterol, tapi relatif mengandung lemak jenuh yang rendah yaitu sekitar satu setengah gram per butir.

Karena itu, seorang wanita yang memiliki kolesterol darah normal pun diperbolehkan mengkonsumsi sebanyak 1-2 butir telur per hari.

2. Ikan Salmon

Tidak hanya mengandung protein berkualitas tinggi, ikan salom juga dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3. Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan salmon ini sangat baik bagi wanita hamil.

Selain itu, ikan salmon juga memiliki jumlah merkuri yang lebih rendah dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya.

Pasalnya, pada ikan lainnya banyak mengandung merkuri yang berbahaya terhadap proses pengembangan sistem syaraf pada bayi.

Akan tetapi, tentunya Anda harus tetap memperhatikan konsumsi ikan salmon, setidaknya konsumsilah dengan batas 12 ons per minggu.

3. Kacang

Ada berbagai manfaat yang dihasilkan bagi wanita hamil yang mengkonsumsi kacang. Dari semua jenis kacang, buncis adalah pilihan terbaik yang mengandung serat dan protein terbanyak dari semua jeni sayuran.

Anda pasti sudah tahu bahwa selama masa kehamilan, protein adalah hal penting yang diperlukan. Akan tetapi, Anda tidak menyadari bahwa serat juga diperlukan.

Pada kehamilan, saluran pencernaan akan melambat dan memperbesar resiko terkena sembelit dan wasir. Dalam hal ini, serat berperan penting untuk membantu mencegah serta menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, makanan yang mengandung serat dikenal kaya akan gizi.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk wanita hamil. Mengapa demikian? Ubi jalar memiliki warna oranye yang terdiri dari karotenoid, yaitu pigmen tanaman yang kemudian dikonversikan menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Mengkonsumsi pembentuk vitamin A terlalu banyak diketahui dapat berbahaya, namun karotenoid tidak demikian. Zat tersebut dikonversikan menjadi vitamin A hanya saat diperlukan. Ubi jalar juga mengandung vitamin C, serat dan folat.

5. Walnut

Anda tidak suka mengkonsumsi ikan dan telur, namun masih ingin mendapatkan omega-3 yang diperlukan oleh bayi? Anda bisa mengkonsumsi walnut. Walnut adalah salah satu sumber nabati omega-3 terkaya.

6. Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua

Wanita hamil memang dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran. Manfaat sayuran ini memang tidak perlu diragukan lagi, terutama sayuran berwarna hijau tua.

Seperti bayam yang diketahui mengandung vitamin dan nutrisi yang baik seperti vitamin A, C, K dan folat.

7. Daging Tanpa Lemak

Daging mengandung protein berkualitas tinggi. Akan tetapi, jika Anda ingin mengkonsumsi daging, sebaiknya pilihlah daging tanpa lemak atau lemaknya sudah dipisahkan. Hindarilah mengkonsumsi hot dog.

8. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani biasanya mengandung protein dua kali protein lebih banyak dari yogurt biasa. Itu sebabnya makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat masa kehamilan.

Dan segala jenis yogurt memang dikenal sebagai sumber kalsium yang penting dalam diet kehamilan. Jika Anda tidak mendapatkan kalsium yang diperlukan, maka jumlah kalsium yang akan sampai pada perkembangan bayi juga menjadi terbatas.

Padahal saat masa kehamilan, Anda harus memperhatikan asupan makanan demi menjaga kesehatan bayi. Kalsium ini berperan penting dalam menjaga tulang.

Sumber