Kesehatan

Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan & Kecantikan

Sebagian besar orang pasti telah mengenal yang namanya kapur sirih. Biasanya kapur sirih digunakan bersamaan dengan daun sirih dan pinang untuk dikunyah.

Banyak juga yang memanfaatkan kapur sirih untuk membuat makanan menjadi renyah, terutama untuk manisan dan gorengan. Kapur sirih telah digunakan sejak zaman dulu hingga sekarang, bahkan sering digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Di tengah era modernisasi seperti sekarang ini, kapur sirih tetap menjadi idola dan masih banyak orang yang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya untuk makanan, bahkan untuk kesehatan dan kecantikan juga banyak manfaatnya. Masyarakat Indonesia juga sudah akrab dengan kapur sirih dan mudah kita dapatkan di pasar-pasar tradisional.

Kandungan Senyawa Kapur

Sirih Kapur sirih dengan rumus kimia Ca(OH)2 terbuat dari endapan batu kapur atau batu gamping yang melalui beberapa proses yang terbilang cukup mudah.

Batu kapur dikumpulkan dalam sebuah wadah lalu direndam dengan air hingga satu minggu. Batu tersebut akan menjadi lumpur, itulah yang disebut kapur sirih.

Karena proses membuatnya sangat mudah itulah kapur sirih sangat mudah dijumpai dengan harga yang sangat terjangkau. Kapur sirih mengandung beberapa senyawa yang semuanya bersifat panas.

Senyawa tersebut adalah kadinen, karvakol, sineol, kavinol, dan zat samak. Senyawa tersebut lah yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Namun perlu diperhatikan, sifat panas dari kapur sirih ini membuatnya tidak boleh digunakan sembarangan. Terutama bagi yang memiliki kulit sensitif karena dapat merasakan sensasi terbakar pada kulit.

Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan

Banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan kapur sirih. Meski belum teruji secara klinis namun khasiatnya sudah terbukti karena sudah sering digunakan oleh orang tua sejak zaman dahulu. Berikut ini beberapa manfaat kapur sirih untuk kesehatan yang patut untuk diketahui.

1. Mengobati Luka Bakar

Sering kali tanpa sengaja saat kita menggunakan api bagian tubuh kita ada yang terkena bakar, keseringan pada tangan atau kaki.

Selain rasa panas dan perih, luka bakar juga meninggalkan bekas yang membuat kulit menjadi belang. Untuk mengobati dan memudarkan bekasnya kita bisa menggunakan ramuan kapur sirih.

Cara membuatnya, siapkan satu sendok makan kapur sirih, tambahkan bubuk kunyit dan air kelapa secukupnya. Aduk hingga rata dan membentuk pasta.

Oleskan pada kulit yang terkena bakar. Lakukan setiap hari sampai luka tersebut sembuh dan bekasnya memudar.

2. Menghilangkan Bau Ketiak

Siapapun pasti tidak akan percaya diri jika badannya mengeluarkan bau yang tidak sedap, terutama di daerah ketiak. Orang-orang di sekitar akan menjauh karena merasa tidak nyaman berada di dekat kita.

Kita sendiri juga akan menjadi risih untuk berdekatan dengan orang lain karena takut ketahuan sebagai sumber bau tersebut. Karena itu, ada baiknya untuk segera mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan kapur sirih.

Cara membuatnya, sediakan kapur sirih ssecukupnya dan juga satu buah jeruk nipis. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskan bagian dalam jeruk dengan kapur sirih.

Gosokkan pada permukaan ketiak sampai rata lalu diamkan selama 5 menit. Lakukan setidaknya 2-3 kali seminggu agar hasilnya dapat segera dirasakan.

3. Menghilangkan Kutil dan Tahi Lalat

Kutil dan tahi lalat sebenarnya tidak berbahaya, namun dapat membuat seseorang merasa risih terutama jika terdapat di bagian wajah. Tentu kecantikan akan berkurang dan kepercayaan diri pun menurun.

Kutil dapat mudah menyebar ke anggota tubuh yang lain, sedangkan tahi lalat bisa menjadi besar. Jadi kedua masalah kulit tersebut harus segera dihilangkan.

Kalaupun tidak benar-benar hilang, dengan ramuan kapur sirih kutil dan tahi lalat dapat dikempeskan atau mengecil. Cara membuatnya, ambil satu sendok makan kapur sirih lalu campurkan dengan detergen.

Aduk hingga tercampur dan membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang mengalami masalah dan tunggu hingga 20 menit.

Gunakan cotton bud agar kapur sirih tersebut tidak berserak mengenai kulit di sekitarnya. Jangan lupa bersihkan wajah dengan air hangat.


Warning: Use of undefined constant before - assumed 'before' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Warning: Use of undefined constant after - assumed 'after' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top