Kesehatan

Menstruasi atau Haid Tanda Pubertas Wanita

Menstruasi atau Haid Pubertas Wanita

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah Luruhnya dinding rahim yang disebut endometrium berupa darah, akibat perubahan siklus hormonal yang dialami setiap wanita. Umumnya terjadi saat wanita memasuki masa pubertas. Yang artinya secara fisik, organ reproduksinya sudah bekerja sempurna dan dapat hamil.

haid-1-300x196

Dalam artikel kesehatan wanita mengenai menstruasi atau haid ini, Anda akan saya ajak untuk mengenal siklus normal dari menstruasi ini. Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja kelainan yang berhubungan dengan siklus menstruasi ini.

Diharapkan dengan mengetahui kelainan dan gejala-gejala yang terjadi dari siklus menstruasi ini, Anda akan lebih perhatian dan menyadari lebih awal penyakit apa yang mendasari. Sehingga dapat berkonsultasi dengan dokter dan mendapat pengobatan yang tepat.

Menstruasi atau haid adalah siklus alami pada tubuh wanita. Siklus menstruasi pertama kalinya dalam hidup, disebut menarche, umumnya terjadi pada gadis remaja saat mereka memasuki masa pubertas, yaitu antara usia 10-16 tahun.

Masa Pubertas pada wanita, diantaranya ditandai dengan: pertumbuhan payudara, tumbuh rambut kemaluan / pubis,  menarche(atau haid pertama kali)

haid-2-300x196

Kenapa Bisa Keluar Darah Menstruasi Atau Haid?

Pada masa pubertas, Hormon seks wanita yaitu progesteron dan estrogen bekerja setiap bulan mempersiapkan rahim dan organ reproduksi wanita lainnya untuk kehamilan. Hormon tersebut akan membentuk lapisan dinding rahim yang berisi darah, kelenjar, dan cairan . ⇒ ada 2 kejadian berbeda yang bisa terjadi:

  • Jika Terjadi kehamilan. Artinya: ada sperma yang berhasil membuahi sel telur, Maka lapisan pada dinding rahim tersebut akan berfungsi menjadi nutrisi bagi telur yang dibuahi, dan siklus menstruasi akan terhenti sampai kelahiran bayi. Artinya tidak terjadi menstruasi lagi dari sejak pembuahan sampai masa kehamilan. Setelah melahirkan, barulah siklus menstruasi akan dimulai kembali.
  • Tetapi jika tidak terjadi kehamilan. Artinya:  tidak ada sperma yang membuahi sel telur, Maka tubuh akan menganggap produksi dan keberadaan hormon estrogen dan progesteron adalah SIA – SIA, sehingga lambat laun kadar kedua hormon tersebut akan menurun ? Menyebabkan lapisan pada dinding rahim yang berisi banyak darah dan cairan meluruh dan keluar dari tubuh melalui vagina. Proses keluarnya darah dari vagina inilah yang disebut menstruasi.

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top