Minuman Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Minuman-Terbaik-untuk-Kesehatan-Tubuh
Minuman-Terbaik-untuk-Kesehatan-Tubuh
Minuman-Terbaik-untuk-Kesehatan-Tubuh

Selain memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata beberapa jenis minuman, seperti air putih dan air kelapa, sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Berikut minuman terbaik untuk kesahatan tubuh :

 

1. Air Putih

Air putih ternyata tidak hanya minuman penghilang rasa haus-dahaga, ia juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Membiasakan minum air putih saat bangun tidur di pagi hari dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

Anda bisa mencampurkannya dengan air jeruk lemon yang baik untuk detoksifikasi alami tubuh. Air putih dan air jeruk lemon juga akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Saat tidur, seluruh sel-sel aktif dalam tubuh beregenerasi, memperbaiki pertumbuhan sel baru. Hal ini akan mengakibatkan Anda merasa haus.

Itulah sebabnya dianjurkan untuk minum air putih setelah bangun tidur, untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Minum air putih, apalagi di pagi hari, dapat mempertahankan kesehatan tubuh secara sistem limfatik. Jika sistem berjalan baik maka tubuh dapat melawan penyakit dan infeksi.

2. Air Kelapa

Meminum air kelapa muda disinyalir dapat memberikan manfaat, untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit, diantaranya:

  • Keracunan : Minum air kelapa setiap pagi hari.
  • Panas dalam: Air kelapa hijau ditambah sebutir kuning telur ayam kampung ½ matang, campurkan secara merata, minum saat menjelang siang hari
  • Demam: Campur segelas air kelapa muda dengan 1 sdm madu murni, aduk rata, minum jamu tradisional ini dua kali sehari, pagi dan menjelang tidur
  • Demam berdarah: Campurkan air kelapa hijau dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Aduk rata, lalu diminum dua kali sehari, pagi dan sore secara rutin selama sakit.

3. Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang paling sehat. Sebagai sumber kalsium, tentu ia berkhasiat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Karena banyak mengandung komponen dari karbohidrat, protein dan sedikit lemak, Anda bisa bertahan lebih lama dalam menjalankan suatu aktifitas. Susu juga banyak mengandung vitamin D yang bermanfaat  dalam menstabilkan kadar gula darah.

4. Cokelat

Segelas cokelat hangat dapat meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik dan membantu melindungi dari bahaya sakit jantung. Cokelat dapat meningkatkan produksi serotonin yang dapat menaikkan mood sehat Anda.

5. Susu Kacang Kedelai

Susu dari kacang kedelai dapat memperkecil risiko terkena penyakit jantung. Dalam susu ini ternyata banyak mengandung serat dan protein kedelai yang berfungsi dalam menurunkan level kolesterol jahat dan trigliserin sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Jus Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan, yang membantu dan melindungi terutama organ tubuh jantung dengan cara mengurangi peradangan yang bisa menimbulkan kerusakan pembuluh darah.

American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji seperti burger atau kentang goreng dibandingkan dengan yang rutin minum segelas jus jeruk segar memiliki risiko zat radikal perusak arteri dalam darah lebih banyak dibandingkan dengan yang mengkonsumsi jus jeruk.

7. Teh Hijau

Minum teh hijau secara rutin dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker, jantung dan osteoporosis.

Kandungan flavonoid dan polifenol dalam teh hijau dapat melindungi sel dan mencegah pertumbuhan tumor. Teh hijau juga berkhasiat dalam mencegah gigi sakit.

Kandungan polifenol dan EGCG (antioksidan) didalamnya baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Sumber