Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Peluang-Bisnis-Untuk-Mahasiswa
Peluang-Bisnis-Untuk-Mahasiswa
Peluang-Bisnis-Untuk-Mahasiswa

Masa muda tentu merupakan masa yang penuh semangat, bukan hanya dalam hal menuntut ilmu tapi juga berbisnis. Semangat untuk merintis bisnis baru banyak dijumpai dalam diri anak-anak muda, terutama mereka yang sedang mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Walaupun beberapa orang beranggapan bahwa mahasiswa sebenarnya masih bergantung pada orangtua mereka, tetapi tak bisa dipungkiri ternyata banyak dari mereka yang mampu menunjukkan jati diri dengan kepiawaian mereka dalam berwirausaha.

Nah, apabila Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang kebingungan dalam menentukan usaha apa sembari menjalani kuliah namun belum tahu ide-ide bisnis apa yang sebaiknya ditekuni, yuk simak peluang bisnis untuk mahasiswa berikut!

1. Koran atau Situs Kampus

Beberapa situs warta kampus atau koran kampus yang konvensional saat ini sedang tumbuh subur dan cocok untuk ditekuni sebagai seorang mahasiswa sekaligus pebisnis baru.

Tugas Anda adalah membuat sebuah situs, blog atau media kampus yang bersifat aspirasi dan mampu mengetahui keinginan dari masyarakat kampus dan sekitarnya.

Anda dapat mengajak beberapa teman untuk memulai membuat sebuah blog atau situs yang menyediakan beragam informasi penting dalam kegiatan sehari-hari seorang mahasiswa.

Misalnya, memuat tentang toko buku terlengkap, tempat kos yang nyaman dan murah, daftar rumah makan atau katering yang sehat dan terjangkau, tempat berbelanja yang menyediakan beragam tren fashion untuk kalangan remaja gaul ataupun cara berobat hemat ke poliklinik kampus dan perawatan kesehatan lainnya, sekaligus juga hobi.

Semua itu akan berguna jika tersedia di Internet. Tambahkan juga isu-isu terbaru di lingkungan kampus atau kebijakan rektorat yang wajib diketahui oleh semua mahasiswa sehingga situs Anda banyak mendapat kunjungan.

Apabila sudah ramai, Anda bisa mengembangkan situs ini menjadi bisnis yang menguntungkan dengan cara memasang iklan, membangun komunitas yang loyal, dan meluncurkan layanan atau produk khusus.

2. Bisnis Online

Anda bisa memulai bisnis ini hanya dari kamar tidur saja. Seperti membuat situs, blog atau toko e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif untuk bisnis sampingan, hingga Anda berhasil menyelesaikan perkuliahan.

Jika situs atau blog Anda telah mendapat tempat di hati pembaca dan banyak dikunjungi oleh masyarakat luas, cobalah tawarkan ruang untuk beriklan pada halaman utamanya kepada beberapa perusahaan besar yang mempunyai relevansi terhadap konten yang Anda muat, sehingga perusahaan tersebut semakin dikenal oleh para pembaca situs/blog Anda dan bisa menikmati keuntungan dari kegiatan tersebut.

Apabila Anda adalah seorang mahasiswa yang senang menulis dan menyukai dunia maya untuk berinteraksi dan menuangkan gagasan, cobalah menekuni bisnis ini.

Syaratnya sangat mudah, Anda harus telaten dan disiplin diri, serta bersabar dalam memulainya, karena keberhasilan dalam bisnis online membutuhkan waktu dan tenaga. Jadi jangan berharap dapat meraup untung dalam waktu singkat dan sedikit kerja keras.

3. Jual Beli dan Simpan Pinjam Buku Bekas

Saat ini biaya pendidikan semakin membubung tinggi, peserta didik dari jenjang sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi yang berasal dari keluarga biasa hingga kurang mampu akan merasa terbebani.

Siswa atau mahasiswa selalu memerlukan buku dan teks dalam jumlah besar, Anda bisa menyediakannya dengan harga murah tanpa mengorbankan fungsinya sebagai media penunjang proses belajar.

Mereka dapat membeli buku bekas yang masih layak pakai dengan harga bervariasi dari para pengumpul buku atau dari rumah ke rumah.

Anda juga dapat membuat perpustakaan mini dengan merancang sebuah program pertukaran buku untuk memfasilitasi siswa dan mahasiswa agar lebih mudah menemukan atau meminjamkan buku bekas dan baru sekaligus bisa menjual buku-buku koleksi Anda sendiri.

4. Laundry

Pada umumnya anak-anak kos akan angkat tangan apabila semasa kuliah mereka harus direpotkan dengan kegiatan rutin seperti mencuci pakaian kotor mereka sendiri.

Menjalani aktifitas perkuliahan yang sangat padat dan mengerjakan tugas-tugas makalah merupakan kegiatan utama yang banyak menyita waktu dan tenaga.

Ditambah pekerjaan mencuci dan menyeterika pakaian, semua ini pasti akan mengganggu jam kegiatan utama mereka di kampus.

Oleh karenanya, lebih praktis bagi para mahasiswa yang tinggal di kos untuk menggunakan jasa laundry yang terjangkau dari sisi harga dan waktu daripada harus repot membeli deterjen, lalu mencuci dan menyeterika semua pakaian sendiri.

Apalagi musim hujan atau musim ujian, bisnis laundry bisa menuai banyak keuntungan. Itulah 4 peluang bisnis dapat ditekuni mahasiswa selama mereka menjalani masa perkuliahan, walaupun belum bisa dikelompokkan sebagai usaha untuk menghasilkan laba yang signifikan, namun tergerak untuk menekuni dunia wirausaha kecil-kecilan sudah merupakan sebuah awal disiplin diri yang bagus.

Sumber