Hobi

Seni Rupa 3 Dimensi – Teknik, Unsur dan Contohnya

Seni rupa 3 dimensi adalah salah satu jenis seni rupa yang tidak hanya memiliki panjang dan lebar saja, melainkan memiliki volume.

Hal yang menjadi pembeda dari seni rupa 2 dimensi dengan seni rupa 3 dimensi adalah terdapat unsur ruang pada seni rupa 3 dimensi.

Unsur-unsur seni rupa 3 Dimensi

Terdapat beberapa unsur pada seni rupa 3 dimensi, unsur-unsur tersebut antara lain:Untuk mengetahui bahwa karya tersebut termasuk dalam karya seni rupa 3 dimensi adalah terdapat panjang, lebar, dan tinggi.

Selain memiliki panjang lebar, dan tinggi, seni rupa 3 dimensi juga memiliki ruang. Hal inilah yang membedakan antara seni rupa 2 dimensi dengan seni rupa 3 dimensi.

Karena, seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ruang.Unsur yang terakhir pada seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa 3 dimensi bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Berdasarkan fungsi dan tujuannya, pembuatan seni rupa 3 dimensi dibagi menjadi dua bagian, yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni.

1. Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah salah satu jenis karya seni yang tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja, melainkan memiliki fungsi praktis dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, suatu karya seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi praktisnya dibandingkan fungsi estetikanya.

Contoh: Meja, Kursi, Lemari, dan sebagainya.

2. Seni Rupa Murni

Seni rupa murni termasuk kebalikannya dari seni rupa terapan. Jika seni rupa terapan lebih penting nilai kegunaannya dibandingkan keindahannya, maka seni rupa murni lebih mengutamakan keindahannya dibandingkan fungsi kegunaannya. Karena karya seni rupa murni bertujuan untuk di pajang atau dijadikan hiasan.

Contoh: Lukisan, Hiasan Dinding, dan sebagainya.

Teknik-Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam membuat suatu karya seni rupa 3 dimensi, diperlukan teknik-teknik dalam pembuatannya. Di Indonesia, terdapat berbagai macam teknik untuk membuat suatu karya seni rupa 3 dimensi.

Bahkan, teknik pembuatan karya seni rupa 3 dimensi tersebut dipengaruhi oleh daerah tempat karya seni rupa 3 dimensi tersebut dibuat.

Jadi, sangat banyak sekali teknik yang ada dalam membuat karya seni rupa 3 dimensi.Namun, terdapat beberapa teknik yang populer dan sering digunakan dalam membuat karya seni rupa 3 dimensi. Teknik-tekni tersebut antara lain:

1. Teknik Aplikasi

Teknik aplikasi adalah teknik yang digunakan untuk membuat karya seni menjahit. Cara penerapan teknik aplikasi ini adalah dengan menempelkan bermacam-macam hiasan kain yang sudah dibentuk, seperti bunga, bintang, dan sebagainya di kain dasar sebagai hiasannya.

2. Teknik Mozaik

Teknik mozaik adalah suatu teknik yang digunakan untuk menggambarkan bentuk geometris tertentu. Bentuk geometris tersebut digunakan untuk menggantikan bahan pewarna.

3. Teknik Merakit

Teknik merakit adalah suatu teknik yang digunakan dengan cara menyambuangkan beberapa potongan bahan. Cara ini biasa disebut merakit. Sedangkan rakitannya adalah hasil dari karyanya.

4. Teknik Pahat

Teknik Pahat adalah teknik yang digunakan dalam membuat karya seni rupa dengan membuang bahan-bahan yang tidak diperlukan hingga membentuk suatu karya seni. Teknik pahat ini biasanya menggunakan kikir, pahat, martil, dan sebagainya.

5. Teknik Cor

Teknik cor adalah teknik yang digunakan untuk membuat karya seni dengan cara menuang benda cair ke dalam suatu cetakan yang sudah dibuat.

Teknik cor ini lebih dikenal masyarakat dalam penerapan membangun rumah. Bahan yang digunakan adalah semen dan campuran lainnya.

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top