Tahukah kamu?

Serangga yang Bermanfaat bagi Manusia

fungsi serangga, kegunaan serangga, manfaat serangga, serangga yang berguna, serangga yang berguna bagi manusia

Lebih dari satu serangga yang keberadaannya amat menguntungkan manusia, kadang mungkin kita merasa jijik atau ngeri terhadap serangga, namun percayalah ada beberapa dari serangga tersebut yang memiliki fungsi yang sangat penting.

Meskipun serangga biasanya sering dianggap sebagai hama hampir di setiap wilayah dunia, kita harus meluangkan waktu untuk menyadari manfaat serangga dalam kehidupan sehari hari.

Tanpa keberadaan serangga, dunia akan menjadi tempat yang mungkin berbeda dari apa yang kita lihat sekarang, dibutuhkan penglihatan yang sangat teliti terhadap serangga agar dapat memahami betapa pentingnya peranan mereka untuk kita.

fungsi serangga, kegunaan serangga, manfaat serangga, serangga yang berguna, serangga yang berguna bagi manusia

Lebah Madu

Tanpa adanya lebah madu, kita tidak akan memiliki madu ataupun lilin lebah. Pewarna makanana yang dikenal sebagai ‘cochineal’ terbuat dari lebah yang telah dihancurkan.

Lebah juga digunakan oleh suku Indian Aztec kuno hampir 600 tahun yang lalu, dan merupakan peradan yang paling mutakhir dari mereka. Sebelum tebu digunakan di seluruh Eropa, orang – orang menggunakan madu sebagai pemanis pada makanan dan minuman.

Lebah Madu secara khusus membantu proses penyerbukan. Penyerbukan adalah proses pembuahan oleh serbuk sari dari bunga sehingga akan membuat bungan tersebut menjadi buah.

Serbuk sari tersebar melalui angin atau melalui proses yang dibantu oleh lebah dengan cara, serbuk sari pada bunga akan menempel pada tubuh lebah lalu serbuk sari tersebut akan jatuh pada bunga ketika lebah akan mengambil nektar dari bunga.

Penyerbukan adalah peranan yang paling penting dilakukan oleh lebah dibandingkan dengan sebagai penghasil madu atau lilin lebah. Bayangkan saja apabila proses penyerbukan tidak ada.


Warning: Use of undefined constant before - assumed 'before' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Warning: Use of undefined constant after - assumed 'after' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top