Step by Step Memulai Bisnis Setelah Pensiun

bisnis-setelah-pensiun
bisnis-setelah-pensiun
bisnis-setelah-pensiun

Selama hampir lebih dari 30 tahun Anda bekerja dan mengabdi pada perusahaan atau instansi pemerintah, akan tiba masanya dimana Anda harus mengalami masa pensiun.

Siap tidak siap, suka tidak suka, Anda harus menghadapi masa pensiun yang memang menjadi momok menyeramkan bagi sebagian orang.

Bagi orang yang sudah siap, tentu momen pensiun adalah momen yang paling ditunggu karena mereka akan segera menuai dan memetik hasil dari bekerja selama puluhan tahun disambi dengan menimang cucu dari anak-anak mereka.

Namun bagi yang tak siap, masa pensiun merupakan hal yang paling ditakuti dan menimbulkan tekanan serta stress tersendiri.

Jika sehari-hai bisa berangkat menuju kantor dan memiliki aktivitas rutin, mendadak harus tidak produktif di rumah dan tak melakukan apapun.

Pensiun sebenarnya waktu yang tepat untuk memulai usaha, karena masa tua tidak akan sia-sia jika masih terus digunakan untuk berkegiatan.

Mungkin kali ini bukan profit atau keuntungan yang dicari, namun lebih pada mengisi kesibukan dan kegiatan agar waktu berlalu tanpa stress dan tekanan karena tidak melakukan apapun.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan masa pensiun dan ingin memulai usaha, inilah step by step memulai bisnis setelah pensiun.

1. Gali Potensi Pasar

Sebelum terjun dalam sebuah bisnis, Anda harus tahu terlebih dahulu potensi apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar.

Hal ini sangat berpengaruh pada bidang bisnis apa yang akan Anda geluti nantinya. Manfaatkan peluang yang ada di sekitar Anda.

Pastikan bahwa bisnis tersebut dapat dengan mudah Anda jangkau, mengingat kondisi fisik dan pikiran tentunya sudah tidak seprima pada masa bekerja dahulu.

Misalnya, Anda dapat menjajal bisnis katering, toko sembako, atau bahkan peternakan ayam yang bisa dikerjakan dari rumah.

Manfaatkan orang di sekitar untuk membantu bisnis yang Anda jalankan agar Anda memiliki semangat yang lebih untuk berbisnis.

2. Siapkan Modal

Setiap bisnis tentu membutuhkan modal usaha. Soal modal Anda dapat memanfaatkan uang pensiun yang Anda dapatkan dari kantor atau menggunakan simpanan yang Anda peroleh selama masih bekerja.

Untuk bisnis pemula ini, Anda tak perlu mengeluarkan modal terlalu besar. Anda bisa menambahkan modal usaha nanti ketika bisnis sudah berjalan.

3. Gunakan Skill Dan Keahlian

Anda dapat juga memanfaatkan skill dan keahlian Anda selama Anda masih bekerja sebagai modal utama dalam menjalankan bisnis.

Misalnya, Anda ahli dalam hal konstruksi maka Anda dapat membuka jasa konsultan atau menjadi pengembang properti.

Jika Anda ahli dalam hal perbaikan komputer, Anda bisa memanfaatkan skill tersebut untuk membuka usaha dalam bidang reparasi komputer.

Atau, Anda bisa memanfaatkan bakat terpendam Anda yang harus kandas akibat bekerja kantoran untuk menjadi modal dalam bisnis ini, misalnya kepandaian memasak, menulis, atau membuat kerajinan.

4. Lakukan Promosi

Setelah menentukan bidang usaha, modal, dan juga keahlian, langkah selanjutnya adalah menjalankan bisnis tersebut.

Untuk memulainya Anda tentu membutuhkan promosi bisnis di awal. Manfaatkan teman-teman dan kerabat dekat serta networking Anda di kantor untuk sarana promosi.

Meskipun telah pensiun, jangan pernah putus hubungan dengan rekan kerja dan kerabat karena merekalah sumber link dan networking untuk kelangsungan usaha Anda.

Sumber