Tips dan Cara Cepat Mengatasi Sariawan

tips-dan-cara-cepat-mengatasi-sariawan
tips-dan-cara-cepat-mengatasi-sariawan
tips-dan-cara-cepat-mengatasi-sariawan

Salah satu penyakit yang menyerang mulut adalah sariawan. Jika sudah terserang sariawan, makan pun jadi serba tak enak. Sariawan merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu. Meski begitu, sariawan bukanlah penyakit yang mematikan.

Penderita sariawan akan merasa kesulitan ketika ingin mengunyah makanan karena makanan akan menyentuh daerah yang luka akibat sariawan dan rasanya sangatlah perih. Faktor Penyebab Sariawan Sariawan disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurang nutrisi seperti zat besi, vitamin C dan vitamin B12.

Tak hanya itu, seseorang yang bagian mulut atau lidahnya tidak sengaja tergigitpun akan mengalami sariawan. Bahkan, beberapa jenis makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya sariawan. Misalnya saja kacan almond, buah pinang atau buah-buahan yang mengandung zat asam yang cukup tinggi.

Mengobati sariawan tidak perlu menggunakan obat-obatan. Sariawan bisa diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja bahan-bahan alami tersebut? Berikut pemaparannya.

Tips dan Cara Cepat Mengatasi Sariawan Ada beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan mengobati penyakit sariawan, antara lain sebagai berikut:

Mengobati penyakit sariawan dengan garam dan baking soda Cara yang pertama adalah dengan menggunakan garam dan baking soda.

Caranya sangatlah mudah. Cukup buat pasta yang berbahan garam dan baking soda yang dicampur dengan sedikit air kemudian dioleskan pada bagian yang terdapat luka sariawan selama 10 menit.

Setelah itu, bilas menggunakan air dingin. Mengobati penyakit sariawan dengan kunyit Cara yang kedua bisa menggunakan bubuk kunyit. 1 sendok teh gliserin dicampur dengan bubuk kunyit hingga berbentuk pasta kemudian dioleskan pada bagian yang terkena sariawan.

Mengobati sariawan dengan madu dan minyak kelapa Selain kunyit dan garam, ada juga cara-cara lainnya yang relatif lebih mudah. Misalnya dengan mengoleskan madu yang dicampur dengan minyak kelapa. Sifat anti bakteri pada minyak kelapa akan membantu mengobati sariawah.

Jika tidak ada minyak kelapa, menggunakan madu saja juga tidak apa-apa. Mengobati sariawan dengan daun kemangi, daun jambu biji dan daun jambu air Selain dengan cara dioleskan, ada juga cara kedua, yaitu dengan cara dikumur dan dikunyah.

Misalnya dengan menggunakan daun kemangi, daun jambu biji dan kulit jambu air. Untuk daun kemangi dan daun jambu biji, daun cukup dikunyah kemudian dikumur-kumurkan. Daun yang diperlukan cukup 4 sampai 5 lembar. Sedangkan untuk kulit jambu air harus ditumbuk sampai halus dan dicampurkan air matang. Baru setelah itu bisa digunakan untuk berkumur.

Tips dan Cara Mencegah Sariawan Cara mencegah sariawan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi. Diantaranya adalah sereal, biji wijen, brokoli, telur, gandum, kalkun, dan ham. Selain dapat mengatasi sariawan, makanan-makanan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi juga buah tomat, baik dengan cara dikonsumsi langsung atau ditempelkan pada bagian yang terkena sariawan karena tomat mengandung vitamin C.

Demikianlah beberapa tips dan cara mengobati sariawan dengan cepat dan alami. Silahkan praktekan di rumah dan semoga lekas sembuh.