Bisnis

Tips Jitu Beternak Kambing agar Cepat Gemuk

Tips Jitu Beternak Kambing agar Cepat Gemuk

Kambing merupakan salah satu jenis hewan mamalia berkaki empat, sering kali kita temui di seluruh wilayah indonesia terutama di pedesaan pasti banyak yang memeliharanya karena salah satu alasannya adalah para penduduk pedesaan kebanyakan berprofesi sebagai petani dan peternak.

Namun, para masyarakat desa tidak sadar akan besarnya peluang ternak kambing, saat ini daging kambing permintaannya di pasaran sangat meningkat pesat untuk menjadikan daging kambing sebagai bahan konsumsi sehari-hari.

Daging kambing mempunyai tekstur daging yang begitu tebal, tak heran jika banyak permintaan seperti di jadikan bahan utama membuat sate maupun tongseng yang begitu nikmat dan tak pernah berkurang penggemar makanan ini.

Bagi anda yang ingin mencoba peruntungan beternak kambing, perawatannya sangatlah mudah karena kambing merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan jadi mudah sekali untuk mencarikan pakannya.

Maka, dalam kesempatam kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat kambing, semoga bisa menjadi inspirasi anda. Selengkapnya :

Cara Merawat Kambing Yang Baik Dan Benar

1. Proses Reproduksi Kambing

Sebelum memulai untuk menjalankan usaha ternak kambing, maka sebaiknya yang perlu kita ketahui adalah bagaimana prosesnya.

Kambing memang memiliki tingkat reproduksi yang tinggi, bahkan kambing ini dapat melahirkan 2 kali dalam satu tahun.

Paling tidak kambing akan beranak 3 kali dalam masa 2 tahun, jadi betapa menggiurkan untuk memulai usaha ternak kambing tersebut, apalagi jika induk mampu beranak 3-4 ekor setiap melahirkan tentunya akan mempercepat perkembangan ternak kambing yang kita lakukan.

Kambing ini akan dewasa setelah berumur 6 bulan, dan kambing siap di kawinkan saat berumur 10-12 bulan. Dengan lama waktu birahi sekitar 24 – 45 jam, dengan siklus birahi yang berselang selama 17 – 21 hari.

Birahi kambing dapat di tandai dengan sifatnya yang gelisah, memiliki nafsu makan dan minum berkurang, selalu mengibaskan ekornya, kencing lebih sering, kemaluan akan bengkak dan basah.

Dalam ternak kambing, ratio jumlah pejantan dan betina adalah = 1 : 10, jika perkawinan sudah terbuahi maka lama waktu bunting adalah 144 – 156 hari (atau sekitar 5 bulan). Dan anak kambing akan di sapih setelah sekitar 3-4 bulan anak kambing terlahir.

2. Langkah Ternak Kambing Yang Benar

Dalam langkah awal tentunya di mulai dari persiapan pembuatan kandang sebagai tempat tinggal kambing dan di akhiri dengan masa panen.

Dalam langkah-langkah cara ternak kambing yang baik dan benar memang sangat mudah untuk di lakukan, kita bisa melakukan usaha ini sebagai usaha sampingan.

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan terlebih dahulu agar ternak kambing yang akan kita jalankan menjadi semakin mantab dan berimbas dengan maksimalnya hasil panen.

3. Persiapan Kandang Kambing

Untuk modal awal cara ternak kambing yang tepat, kandang ini adalah salah satu hal penting yang nantinya akan menunjang keberhasilan dari usaha ternak kambing yang akan kita jalankan.

Kandang yang baik juga akan menimbulkan kenyamanan yang membuat kambing menjadi mudah gemuk dan berkembangbiak.

Tingkat minimal kandang ini adalah bersih, memiliki sinar matahari yang cukup, tidak panas (teduh), dan penempatan kandang paling minim adalah berjarak 5 meter dari rumah.

Hal ini ditakutkan akan berimbas bau kotoran campur urine kambing yang tidak sedap, ingat selain kambing kita sehat, kita juga lebih penting untuk lebih sehat. Di bawah ini adalah ukuran ideal kandang untuk memulai ternak kambing.

Kandang Cara Ternak Kambing Cepat Gemuk Dan Hasil Panen Maksimal

  • Kandang untuk beranak untuk induk+dua anak : 120 cm x 120 cm /ekor
  • Kandang induk (baik yang hamil atau tidak hamil) untuk 1 ekor: 100 cm x 125 cm
  • Kandang pembesaran anak yang telah di sapih untuk satu ekor: 100 cm x 125 cm
  • Kandang pejantan per ekornya adalah : 110 cm x 125 cm
  • Kandang dara/dewasa (di siapkan sebagai kambing potong) per ekornya adalah : 100 cm x 125 cm

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top