Keluarga

Tips Memilih Popok Bayi

Tips-Memilih-Popok-Bayi
Tips-Memilih-Popok-Bayi

Tips-Memilih-Popok-Bayi

Merawat kulit bayi tentu menjadi perhatian para ibu, terutama karena kondisi kulit bayi yang masih sangat muda dan sensitif, lebih rentan.

Kulit bayi adalah salah satu organ tubuh yang sangat sensitif, sehingga tidak bisa dibandingkan dengan kondisi kulit orang dewasa.

Namun bagaimanapun juga kesehatan kulit bayi adalah bagian penting dari kesehatan bayi secara keseluruhan. Iritasi kulit dan beberapa jenis masalah kulit lainnya paling sering terjadi pada bayi.

Nah, bagaimanakah cara mencegah dan menjaga kesehatan kulit si kecil yang terkenal paling sensitif di antara organ tubuh lainnya? Berikut tips sederhana yang patut dicoba dalam memilih popok bayi :

1. Ukuran Sangat Penting

Popok terlalu besar mengakibatkan mudah bocor. Popok terlalu kecil akan menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi si kecil.

Sebagai ibu, Anda harus benar-benar mengetahui berat dan ukuran bayi secara tepat. Coba dulu berbagai ukuran untuk menemukan satu yang tepat.

Di samping itu, dalam membeli popok bayi, Anda jangan terjebak pada satu merek saja, cobalah berbagai merek hingga benar – benar tahu mana popok yang cocok.

Popok dengan merek terkenal belum tentu nyaman bagi buah hati Anda.

2. Cobalah Popok Yang Umum Dipakai

Popok yang laris di masyarakat luas biasanya memiliki harga lebih murah dan tepat untuk bayi dari sisi kesehatan.

3. Popok Sekali Pakai

Jika anda terlalu sibuk sehingga harus menitipkan bayi Anda di panti penitipan bayi dan anak resmi, ada satu aturan umum yang berlaku yaitu penggunaan popok sekali pakai.

Hal ini disebabkan karena popok sekali pakai bersifat praktis untuk menjaga kesehatan kulit bayi.

4. Ramah Lingkungan

Jika memungkinkan, pilih popok bayi ramah lingkungan, meskipun harus mengeluarkan biaya agak mahal tetapi menjamin adanya perlindungan total terhadap kulit bayi dan anak Anda.

Anda tentunya bisa meminta saran dan referensi dari orangtua yang sudah berpengalaman. Namun Anda juga perlu waspada, karena jenis itu belum tentu cocok untuk bayi Anda.

5. Pilih Jenis Popok Kain

Pilihlah jenis popok kain, karena pemakaian popok kain mempunyai keuntungan dan kekurangan tersendiri. Dari sisi keuntungan, bahannya nyaman dan aman bagi kulit bayi.

Di samping lebih hemat karena mudah dicuci dan dipakai berulang-ulang, kulit bayi juga terhindar dari tumbuhnya ruam dan iritasi karena urin.

Ada banyak warna dan motif yang menarik, serta tersedia ukuran yang mudah dicocokkan dengan berat bayi. Kekurangannya adalah tidak praktis, karena harus sering dicuci, mudah basah, sehingga Anda harus sering diganti.

Memilih popok yang cocok bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus dilakukan penuh ketelitian dan cermat.

Pilihan juga tergantung dari kepraktisan fungsi, harga, teknologi penyerapan dan model yang tepat atau pas untuk bayi Anda. Oleh karenanya, pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

Sumber

Most Popular

To Top