Kesehatan

Tips Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

sistem-pencernaan
sistem-pencernaan

sistem-pencernaan (dengan melihatnya agak serong kiri dan bilang sukses yaaa soob…:)  )

Pencernaan adalah cara tubuh Anda mengolah partikel makanan yang akan diserap ke dalam aliran darah. Sayangnya, ada beberapa hal yang mengganggu proses pencernaan, sehingga terjadi komplikasi seperti kelebihan gas, kembung, mual, sembelit dan diare.

Jika Anda ingin meminimalkan gejala-gejala yang tidak menyenangkan dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda, Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan membuat beberapa perubahan kecil untuk diet dan gaya hidup Anda. Pertimbangkan saran ini untuk membantu kerja sistem pencernaan secara alami.

1. Meningkatkan Asupan Serat Anda

Serat adalah teman terbaik Anda dalam hal pencernaan. Serat mengatur kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan dan memungkinkan glukosa dari makanan untuk memasuki aliran darah Anda pada tingkat yang lebih lambat.

Tingkatkan asupan serat Anda dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti oatmeal dan bekatul, kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang pinto, kacang tanah, kenari dan kemiri.

Buah tinggi serat seperti buah pepaya, plum, kismis, pir dan apel juga pilihan yang baik. Anda dapat mengambil suplemen serat setiap hari untuk membantu pencernaan.

2. Hindari Makanan Berlemak

Sistem pencernaan Anda sulit memproses makanan berlemak yang memperlambat proses pencernaan secara keseluruhan.

Pilih daging seperti ayam dan kalkun sebagai sumber protein. Jika Anda makan daging sapi pilih potongan daging yang tanpa lemak.

Beralihlah dari produk susu penuh lemak ke produk rendah lemak atau non-lemak dari susu, keju dan yogurt. Ganti mentega dan margarin dengan minyak zaitun saat memasak.

Hindari makanan yang digoreng, diproses dan makanan beku yang cenderung tinggi lemak.

3. Makan probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri baik, mirip dengan mikroorganisme yang ditemukan secara alami dalam tubuh manusia yang membantu untuk menjaga usus tetap sehat.

Cukup dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan probiotik ke dalam sistem Anda, Anda dapat mencegah kelebihan gas, diare dan masalah pencernaan lainnya.

Makanan probiotik yang kaya termasuk yoghurt, sup miso, dan keju lunak. Coba ambil suplemen probiotik jika Anda sulit untuk mendapatkan probiotik melalui makanan Anda. Suplemen ini tersedia dalam kapsul, bubuk dan bentuk cair di apotek dan toko makanan.

Namun, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen ini, karena dapat berdampal tidak sehat bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan yang bermasalah sebelumnya.

4. Hindari Natrium, Pati dan Pemanis Buatan

Jika Anda secara teratur menderita bengkak dan perut kembung, Anda harus mengurangi makanan yang mengandung natrium pati dan pemanis buatan dalam jumlah tinggi dari diet Anda, karena kemungkinan hal inilah yang menjadi penyebabnya.

Anda juga harus menghindari makan berlebihan saat makan, karena hal ini juga meningkatkan kemungkinan kembung.

Kembung terjadi ketika partikel gas yang dibentuk oleh bakteri dalam perjalanan saluran usus kembali ke dalam perut, menyebabkan membengkak seperti balon.

Kembung juga bisa menjadi gejala dari kondisi yang mendasari masalah yang lebih serius, seperti divertikulitis, pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil dan kanker ovarium, jadi jika Anda membuat perubahan yang disarankan di atas tapi masih menderita kembung, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Mengurangi Gas

Memproduksi terlalu banyak gas adalah masalah umum yang dapat menyebabkan kecanggungan dan malu di hadapan banyak orang.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol produksi gas tubuh Anda.

  • Hindari makanan yang berkontribusi terhadap produksi gas. Contoh makanan yang paling berpengaruh adalah varietas kacang serta sayuran seperti kubis, brokoli dan kembang kol.
  • Hindari minuman berkarbonasi. Soda dan minuman berkarbonasi lainnya mengandung banyak udara, yang meningkatkan jumlah gas dalam tubuh Anda.
  • Makan lebih lambat. Ketika Anda makan terlalu cepat, Anda cenderung untuk menelan lebih banyak udara, yang memberikan kontribusi untuk produksi gas.

6. Hapus Semua Alergen dari Diet Anda

Memakan makanan menyebabkan Anda alergi adalah salah satu penyebab utama di balik masalah pencernaan seperti kembung, produksi gas, dan nyeri.

Cukup dengan mengurangi item tertentu dari diet Anda, Anda dapat dengan mudah menghilangkan banyak kekhawatiran masalah pencernaan.

Produk susu, stroberi, kacang-kacangan, ayam, telur dan gluten adalah alergen umum yang banyak orang bereaksi buruk terhadapnya, meskipun mereka mungkin tidak menyadarinya.

Jika Anda mungkin sensitif terhadap sesuatu, hilangkan makanan tersebut dari diet Anda selama beberapa hari untuk melihat apakah Anda merasakan perbedaan dalam pencernaan Anda.

Jika Anda tidak bisa menentukan makanan yang tepat yang menyebabkan masalah pencernaan, hubungi dokter Anda tentang melakukan tes alergi makanan.

7. Minum Banyak Air, Setidaknya 8 Gelas per Hari

Air membantu tubuh Anda memecah racun yang dapat mengganggu pencernaan alami. Bawa botol air sepanjang hari.

Ini akan membantu Anda ingat untuk minum lebih banyak dan memberi Anda sesuatu untuk dilakukan ketika Anda bosan.

Minumlah air ekstra setelah berolahraga, karena Anda kehilangan banyak cairan melalui keringat. Anda akan tahu bahwa tubuh Anda cukup terhidrasi ketika urine Anda tetap bening sepanjang hari.

Pilih buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti semangka, mentimun, dan jeruk.

8. Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur dapat membantu pencernaan. Olaharaga juga mempercepat proses pencernaan dengan meningkatkan aliran darah ke organ-organ Anda dan merangsang otot-otot di usus, membantu untuk mengolah makanan lebih cepat.

Coba latihan kardio seperti berjalan, berenang dan jogging, yang memungkinkan seluruh tubuh bergerak. Cobalah untuk membuat perubahan kecil seperti menggunakan tangga bukan lift.

9. Memperlambat Saat Anda Makan

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan Anda menelan banyak udara. Udara ini berubah menjadi gas dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan kram parah dan ketidaknyamanan.

Makan terlalu cepat juga menyebabkan Anda makan berlebihan, yang menempatkan lebih banyak tekanan pada sistem pencernaan dan memperlambat proses.

Mengunyah setiap gigitan makanan setidaknya 20 kali sebelum menelan akan memberi waktu perut Anda untuk mempersiapkan makanan ini dan memberi waktu pada otak Anda untuk memberi sinyal bahwa Anda sudah kenyang.

Hindari makan sambil menonton TV, mengecek Facebook Anda, atau membaca majalah atau koran, karena Anda cenderung makan lebih banyak ketika Anda melakukan hal lain saat makan.

10. Coba Licorice

Licorice adalah suplemen herbal yang dapat digunakan untuk meredakan kram perut dan mengurangi gejala mulas dan refluks asam.

Licorice dapat diambil dalam bentuk kapsul, atau akar yang dapat direbus dalam air untuk membuat teh. Bentuk paling aman dari licorice untuk dikonsumsi adalah ekstrak.

Ekstrak licorice tertentu tidak memiliki sisi efek negatif dari licorice biasa, seperti tekanan darah tinggi.

11. Coba minyak peppermint

Dalam dosis kecil, minyak peppermint terkenal untuk menghilangkan rasa sakit perut dan kembung. Konsumsi minyak peppermint dalam bentuk kapsul, atau mengunyah daun peppermint untuk alternatif.

12. Gunakan Jahe

Jahe adalah obat herbal Cina untuk sakit perut dan nyeri yang juga bekerja untuk mengurangi mual. Konsumsi jahe dengan membuat teh dari akar segar, manisan jahe mengemil produk jahe, atau suplemen, yang dapat ditemukan dalam bentuk kapsul, bubuk, dan bahkan minuman. Untuk alasan keamanan, yang terbaik adalah mengkonsumsi tidak lebih dari 1 sampai 3 gram jahe per hari.

Sumber

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top