Tips Meningkatkan Konversi Penjualan Website Bisnis Online

meningkatkan-trafict-dan-transaksi-penjualan-dalam

Membangun bisnis online merupakan pilihan tepat untuk meraup penghasilan tak terbatas. Website adalah mendasar dalam bisnis ini. Agar bisa memiliki performa bagus dalam menghasilkan profit, maka harus didesain dengan menarik dan memberikan konten yang bermanfaat. Mendapatkan pengunjung sebanyak banyaknya memberikan peluang lebih besar untuk meningkatkan pendapatan. Agar sesuai harapan, berikut ini beberapa cara meningkatkan konversi penjualan yang biasa Anda terapkan.

meningkatkan-trafict-dan-transaksi-penjualan-dalam
meningkatkan-trafict-dan-transaksi-penjualan-dalam

Menyediakan Live Chat

Jangan diamkan pengunjung kebingungan setelah mengunjungi website Anda. Berikan layanan live chat, untuk menolong pengunjung dengan memberikan berbagai panduan yang memuaskan. Fitur ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menanyakan berbagai hal berkaitan dengan produk dan layanan website bisnis Anda.

Keberadaan fitur ini dinilai sangat efektif, karena membantu pengunjung tersambung langsung dengan pengelola web atau customer service. Alasan lainnya adalah sebagian orang terkadang tidak nyaman berbicara langsung via telepon dan pengunjung sangat menyukai pelayanan yang cepat dan informasi yang akurat. Sehingga adanya fitur live chat sangat membantu dan disukai pengunjung.

Mencantumkan Video yang Menarik

Konten website bisnis online bisa berupa teks, gambar dan video. Konten video dinilai sangat menarik, karena biasa memberikan informasi bermanfaat lebih jelas. Bagi yang tidak suka membaca, keberadaan konten ini sangat mendukung.

Dengan audio visual menarik, pesan mudah disampaikan dan dimengerti oleh penontonnya. Konten video ini sangat menunjang dalam peningkatan konversi penjualan. Sebagai contoh video tutorial atau cara pemakaian produk, video promosi, video edukasi dan sebagainya.

Menetapkan Target Konsumen yang Jelas

Terkadang pemilik web hanya berkonsentrasi untuk meningkatkan trafik pengunjung sebesar besarnya saja. Sayangnya melupakan faktor penting lainnya yang bisa meningkatkan konversi website. Dengan menentukan target konsumen dengan jelas, maka konversi penjualan akan lebih mudah ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Sediakan juga informasi bermanfaat terkait dengan produk bisnis. Sehingga terdapat nilai lebih disamping fokus untuk menawarkan produk dan layanan bisnis.

proses produksi dan foto kru untuk meyakinkan pelanggan
proses produksi dan foto kru untuk meyakinkan pelanggan

Tampilkan Foto Kru Website dan Testimoni

Foto orang yang berhubungan langsung dengan pengelolaan website sangat menarik pengunjung. Termasuk saat seseorang memberikan testimoni atas penggunaan produk dan jasa website bisnis Anda. Ukuran foto bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tampil menarik.

Yang pastinya bisa meningkatkan kepercayaan calon konsumen untuk segera bertindak memesan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Tidak hanya itu, tampilan foto kru pengerjaan proses produksi atau siapa saja yang terlibat dengan website anda juga bisa membuat meyakinkan para pelanggan yang akan bertransaksi dengan anda, dan foto diambil bisa dengan natural foto ataupun dengan profesional fotografi dengan konsep yang menarik

Fokus untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan

Setiap konsumen sangat menginginkan layanan yang memuaskan. Jadi jangan kecewakan setiap orang yang telah berkunjung pada website bisnis Anda.

Berbagai fitur layanan harus bisa diakses dengan mudah, seperti email, chatting, telepon dan sebagainya. Respon cepat atas segala pertanyaan dan komplain sangat disukai konsumen.

Untuk memudahkan calon konsumen menemukan produk dan jasa yang diinginkannya, Anda bisa membantunya dengan memberikan informasi yang terkait.

Berikan penjelasan setiap produk dan jasa dengan jelas. Sehingga mereka semakin yakin untuk segera membelinya. Setiap saran dan komplain dari pelanggan sangat membantu meningkatkan pelayanan.

Meningkatkan Kualitas Produk dan Jasa

Setiap konsumen ingin mendapatkan produk dan jasa terbaik, termasuk harga yang relevan. Untuk bersaing dengan pebisnis online besar, pemula harus mempelajari segala kelebihan dan kekurangan setiap produk dan jasa yang diberikan. Dengan begitu bisa bersaing dengan cara sehat, tanpa menurunkan harga produk secara drastis.

Cara yang bisa diterapkan dengan memperbaiki kualitas material pembuatannya, produk dijamin keamanannya, ramah lingkungan, lebih inovatif, jaminan purna jual dan sebagainya.

Kalau sudah menentukan target konsumen dengan jelas, maka akan lebih mudah dalam menciptakan produk yang akan dipasarkan. Cermat memantau pesaing bisnis sangat penting.

Jadi berikan kelebihan yang tidak terdapat pada produk lainnya. Maka kemungkinan besar produk Anda akan lebih memikat pasar.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dalam mengembangkan bisnis online, kepercayaan dan loyalitas sangat penting. Sehingga bisnis yang dikelola semakin meraih banyak pelanggan dan tentunya profit yang semakin besar.

Pelanggan yang loyal akan memberikan referensi kepada orang lain dengan sukarela. Karena mereka merasa puas dengan produk dan jasa yang dibelinya, termasuk mendapatkan layanan yang memuaskan.

Selalu Memastikan Ketersediaan Produk

Berbisnis online dengan memasarkan produk tertentu banyak dilakukan, baik produk sendiri, mengikuti sistem reseller dan sistem dropshipping. Pastikan produk selalu tersedia sebelum dipajang dalam etalase bisnis Anda. Selalu meng-update ketersediaan produk sangat penting dilakukan setiap saat.

Agar konsumen yang sudah tertarik tidak kecewa, karena produk yang diinginkannya ternyata tidak tersedia. Padahal di dalam etalase toko online Anda masih menunjukkan kalau produk masih tersedia.

Sebagai contoh Anda menjalankan bisnis online dengan memasarkan produk sepatu, maka sebaiknya mencantukan merk, model, ukuran, bahan, harga, potongan harga dan sebagainya dengan jelas. Sehingga calon konsumen memiliki gambaran jelas mengenai produk yang tersedia.

Dengan informasi yang lengkap tersebut, maka proses pengiriman lebih cepat dan pelanggan merasa sangat senang. Tentunya profit yang masuk ke dalam rekening juga semakin cepat.