Finance

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga dengan Bijak

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga dengan Bijak

Sering kali terjadi di dalam kehidupan ekonomi keluarga bahwa pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan setiap bulannya sehingga saat hari dalam sebulan belum berlalu anda sudah tidak memiliki uang simapanan sehingga memaksa anda untuk meminjam uang.

Permasalahan seperti ini umum terjadi di dalam perekonomian keluarga, oleh karena itu tips perencanaan keuangan untuk mencegah permasalahan ini terjadi kembali di dalam keluarga anda diperlukan sebuah perencanaan keuangan yang tepat dan realistis.

Perencanaan keuangan keluarga sangatlah bermanfaat dengan ini anda bisa mengetahui kemampuan anda dari penghasilan yang di dapatkan setiap bulannya, dan mengelola uang dari pemasukan tersebut secara bijaksana sehingga kebutuhan anda dapat terpenuhi hingga saat memasuki bulan yang baru.

Tips perencanaan keuangan agar berhasil dilaksanakan ialah anda harus membuat perencanaan yang realistis sesuai dengan kondisi di dalam keluarga.

Adapun untuk membantu anda berikut merupakan beberapa tips perencanaan keuangan keluarga yang tepat:

1. Catat total pemasukan bersih yang anda terima setiap bulannya baik berasal dari suami ataupun istri.

2. Catat pengeluaran keluarga selama tiga bulan, selanjutnya dari pengeluaran selama tiga bulan tersebut hitunglah pengeluaran rata-rata setiap bulannya.

Selanjutnya buatlah skala prioritas dan sortir setiap pengeluaran berdasarkan skala kebutuhan dan keinginan.

3. Setelah melakukan pengelompokan atau sortir maka Anda bisa menghitung total pengeluaran utama setiap bulannya dan bandingkan dengan jumlah pemasukan.

Apabila jumlah pengeluaran masih lebih besar dari pemasukan maka lakukan penghitungan dan pengelompokkan ulang, utamakanlah pengeluaran yang menyangkut kebutuhan sehari-hari.

4. Pengeluaran yang harus diutamakan ialah, biaya untuk membayar listrik, PAM, telepon, iuran kebersihan dan keamanan, uang sekolah anak, biaya belanja, dan sebagainya yang menyangkut kebutuhan bersama keluarga.

5.Setelah didapati kesesuaian antara pengeluaran dan pemasukan catatlah dengan rapih rencana keuangan tersebut dan berkomitmen untuk melaksanakannya.

Hal terpenting dari tips perencanaan keuangan keluarga ialah komitmen untuk melaksanakannya dengan tidak mudah tergoda untuk melakukan pengeluaran-pengeluaran yang diluar dari perencanaan.

Oleh karena itu, untuk membantu pelaksanaan perencanaan keuangan maka mulai sekarang ini beralihlah dengan menggunakan uang elektronik atau yang disebut juga dengan e-money.

Dengan menggunakan e-money anda tidak perlu repot membawa uang cash kemana-mana selain dimudahkan anda juga akan lebih hemat karena apabila memegang uang cash akan dengan mudah membelanjakan uang tersebut.

(**SHARINGDISINI.COM)

 


Warning: Use of undefined constant before - assumed 'before' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Warning: Use of undefined constant after - assumed 'after' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/oretoret/public_html/wp-content/themes/flex-mag/single.php on line 222

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top