6 Tips Membuat Rumah Tetap Nyaman

tips-rumah-nyaman
tips-rumah-nyaman
tips-rumah-nyaman

Rumah adalah tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga setiap harinya, sehingga rumah harus selalu dalam keadaan bersih dan sehat agar tercipta suasana nyaman.

Akan tetapi dikarenakan kesibukan bekerja membuat kita kerap tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah. Tenang saja, kali ini ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan untuk membuat rumah tetap bersih dan sehat.

1. Rutin Membersihkan Rumah Dan Perabotan

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkan rumah dan perabotan. Hal ini tentunya akan menciptakan suasana nyaman di dalam rumah.

Anda bisa rutin membersihkah rumah dan perabotan, terutama di bagian dapur dan toilet. Kedua ruangan tersebut biasanya menjadi tempat yang disukai jamur dan kuman pemicu penyakit.

2. Bersihkan Hewan Peliharaan

Tidak jarang anda pasti memiliki hewan peliharaan di rumah. Sebenarnya sah-sah saja. Hanya saja anda perlu rutin mengontrol dan membersihkan hewan peliharaan anda. Anda bisa memperhatikan kebersihan dari kandang hewan tersebut.

Pasalnya jika peliharaan dan kandangnya jarang dibersihkan akan mengganggu kebersihan udara di dalam rumah, bahkan memicu bau yang tidak sedap.

Selain itu sebaiknya hindarilah membiarkan hewan peliharaan berkeliaran di kamar tidur. Usahakan untuk meletakkanya di luar pekarangan rumah

3. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia

Penggunaan bahan pembersih instan seperti pembersih kaca, cairan pel dan pewangi ruangan memang mudah dan efisien.

Akan tetapi tahukah anda bahwa ternyata bahan pembersih tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang malah memicu efek buruk pada kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk itulah sebaiknya kurangi penggunaan bahan-bahan pembersih instan yang mengandung bahan kimia. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan bahan pembersih seperti lemon, cuka, garam atau baking soda

4. Sediakan Alat Pengusir Tikus Dan Serangga

Tidak hanya mengganggu kebersihan rumah saja, namun lalat, kecoak dan tikus juga bisa menjadi sumber kuman penyebab penyakit.

Nah untuk mengatasinya anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu manis, daun kemangi, minyak kayu putih atau daun mint.

Letakkanlah bahan-bahan tersebut di setiap sudut ruangan yang ada di rumah anda. Anda juga bisa memanfaatkan alat pengusir tikus maupun serangga yang sekarang ini sudah mudah ditemukan di pasaran.

5. Jangan Biarkan Asap Rokok Mencemari Rumah

Tidak bisa dipungkiri kalau asap rokok sangat berbahaya bagi siapapun yang menghisapnya. Jika anda termasuk perokok, maka sebaiknya merokoklah di luar rumah.

Pasalnya asap rokok yang berada di dalam rumah akan berdampak buruk terhadap udara yang ada. Hal ini tentunya akan membahayakan anggota keluarga anda, terlebih lagi jika ada anak-anak anda.

Orang yang menghisap asap rokok (pasif) cenderung mendapatkan risiko lebih berbahaya ketimbang orang yang merokok (aktif).

6. Sejukkan Rumah Dengan Berbagai Tumbuhan

Cara terbaik untuk membuat lingkungan rumah menjadi asri adalah dengan menanam atau menaruh tumbuh-tumbuhan.

Dengan sentuhan bunga serta tumbuhan hijau, rumah anda pun pasti akan terasa lebih nyaman dan sejuk. Anda bisa menanam tumbuhan kecil di sekitar rumah

**

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi rumah tetap nyaman dan sehat. Jadi mulai sekarang ciptakan suasana yang nyaman bagi keluarga anda ya.

Sumber