Hobi

Cara Tepat Merawat Ayam Kate untuk Pemula

Cara Tepat Merawat Ayam Kate untuk Pemula

Siapa yang tidak mengenal jenis ayam yang satu ini? Ya ayam kate, ayam kate yang mempunyai postur tubuh yang kecil serta warna bulu yang indah, biasanya ayam ini di peliihara untuk hewan hias dirumah.

Karena memiliki keunikan yang berbeda dengan ayam lain, dengan ukurannya yang sangat mini dan harganya pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Bahkan ayam kate yang ada di pasaran harganya sampai ratusan ribu hingga jutaan, apalagi bila warna dan fisik ayam yang bagus, harganya bisa menjadi selangit. Jika dinilai dari harga dan biaya perawatannya sangatlah jauh selisihnya.

Biaya perawatannya tidak sampai sepertiga harganya. Selain itu juga pemeliharaannya sangatlah mudah. Nah, bagi anda yang sekarang ini sedang memelihara ataupun beternak ayam kate betina sebaiknya jangan sampai melepaskannya secara liar bisa dipastikan akan merusak keturunan unggas lain seperti ayam ataupun jenis unggas lainnya.

Semoga artikel yang kami berikan dapat menjadi referensi atau inspirasi anda untuk perawatan keseharian ayam kate.

Tips memilih indukan ayam kate yang bagus

1. Belilah induk ayam kate dari pedagang yang terpercaya

Langkah ini sangat ane anjurkan, karena masih ada pedagang ayam kate yang ingin mengambil keuntungan dari ketidak tahuan konsumen.

Dengan membeli dari pedagang yang terpercaya, anda akan mendapatkan induk ayam kate yang sesuai dengan harapan anda perhatikan warna bulunya induk ayam kate. Maksud saya di sini bukan emas, hitam dan sebagainya, tapi tingkat kecerahan bulunya.

Mengenai bulu ini sebenarnya hampir sama dengan manusia, jika bulu ayam kate cerah dan bersih itu sudah menjadi indikasi bahwa ayam kate itu sehat. tapi jika warna bulu agak kusam dan tidak cerah itu menunjukkan induk ayam kate kurang sehat.

2. Pilih induk ayam kate yang memiliki berat yang ideal

Jangan meilih induk ayam kate yang ringan, karena hal ini mengindikasikan tingkat kesuburan ayam kate yang masih dibawah standar.

3. Tanyakan usia calon induk ayam kate tersebut

Tanpa mengetahui ini, akan sulit bagi kita untuk memprediksi kapan akn nelor. carilah usia induk ayam kate minimal memasuki bulan ke 7, supaya kita ga perlu menunggu lama – lama untuk proses lahirnya bebi aya kate.

4. Cari warna bulu ayam kate yang lagi trend

lho .. ko? ya betul sekali, kalau kita melakukan budidya yam kate dengan tujuan bisnis, mau tidak mau kita harus memilih induk ayam kate yang memiliki warna bulu sesuai dengan kegemaran pasar, dan ini cendrung kan berubah dari tahun ke tahun.

Cara sukses beternak ayam kate bagi pemula

  • Cek selalu kebersihan kandang. Kandang mesti dibersihkan setiap hari.
  • Kandang ayam kate mesti memperoleh sinar matahari serta sirkulasi udara yang cukup.
  • Beri ayam kate suntikan vaksinasi setiap tiga bulan sekali supaya ayam kate tidak gampang terserang penyakit.
  • Periksa selalu makanan yang ingin di berikan, pastikan dalam kondisi bersih.
  • Selalu awasi lingkungan kandang, jauhkan dari jangkauan predator seperti musang.
  • Jangan melepaskan ayam kate anda di sekitar rumah anda jika anda memelihara ayam kate, dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, ada beberapa jenis anjing yang membunuh ayam kate.

Pemberian Pakan

Selalu mengontrol kesehatan ayam dan selalu membersihkan kandang ayam kate secara rutin. Memberikan pakan yang teratur dan teratur seperti jagung, biji-bijian, bekatul, ketah, beras merah dan gabah. Tidak hanya makan saja, namun pemberian air minum yang bersih juga wajib agar ayam kate tetap sehat.

Pemanenan

Setelah 21 hari masa eram, telur-telur ayam kate akan menetas menjadi itik. Setelah menetas baiknya untuk segera memisahkan itik ayam dan indukan betina dari indukan jantan.

Setelah itik ayam kate berumur 1 minggu, waktunya untuk memindahkannya dengan indukan betina. Dengan proses pemindahan tersebut itik ayam kate akan merasa kehilangan induknya pasti asupan makanannya berkurang, oleh karena itu ketika pada saat dipindahkan dari indukan betina, berikan vaksin kepada itik ayam kate yang di campur pada minumannya agar kondisi tetap sehat.

Sebaiknya agar berhati-hati memilih tempat kandang untuk itik ayam kate, karena jika tidak ditempatkan di kandang yang salah, maka akan menjadi santapan bagi hewan-hewan pemangsa seperti kucing, anjing, musang, dan tikus.

Untuk menghindari hal tersebut diatas, sebaiknya mendesain kandang itik ayam kate yang lebih tinggi dari tanah, sehingga hewan-hewan pemangsa tersebut tidak bisa menjangkau untuk menyantapnya.

(**DUNIA-HEWAN.NET)

Artikel Lainnya

Most Popular

To Top